[Update] Info Ajukan Dissenting Opinion, Saldi Isra Trending Topic di X Update 2023

Huntnews.id – Tiga hakim konstitusi mengajukan dissenting opinion terhadap putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, 22 April 2024.

Ada tiga hakim konstitusi yang melakukan dissenting opinion. Ketiganya adalah Saldi Isra, Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat.

Dissenting opinion itu membuat Saldi Isra trending di aplikasi X. Ada 3.348 postingan tentang Saldi Isra.

Dalam dissenting opinionnya, Saldi Isra mengatakan, dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo-Gibran, semestinya dalam kapasitas pribadi.

“Dukungan tersebut semestinya adalah dalam kapasitasnya sebagai pribadi dan bukan sebagai pemegang kekuasaan pemerintah, yang masih harus menyelesaikan program-program pemerintahannya,” ujar Saldi.

Pada titik inilah kata Saldi, kemudian menjadi sulit untuk menilai tindakan seorang presiden sebelum dan selama penyelenggaraan pemilu, dalam hal ini orang yang memegang jabatan tinggi tertinggi di jajaran pemerintah tersebut.

“Program yang dilakukannya adalah dalam rangka menyelesaikan program pemerintahan yang akan habis masa jabatannya. Namun, program dimaksud pun dapat digunakan sebagai dukungan atas pasangan calon peserta pemilihan presiden dan wakil presiden negara,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *