[Update] Info Zulhas Sebut Jokowi Jadi Teladan dalam Berdemokrasi Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam masa transisi pemerintahan merupakan teladan dalam berdemokrasi.

Zulhas mengatakan sikap Jokowi yang membimbing Presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan teladan politik yang menunjukkan kematangan Indonesia.

“Kita sekarang jadi negara yang disegani, dihormati, dan yang paling penting Beliau memberikan teladan dalam bidang politik. Itu yang menjadikan inspirasi bagi kita semuanya,” katanya di Istana Kepresidenan, Jumat (10/5/2024) sore.

Zulhas menilai proses transisi kepemimpinan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo bergulir lebih baik dibandingkan dengan situasi politik yang pernah dialami para pemimpin Indonesia terdahulu.

“Dulu Bung Karno turun kayak-nya kok masalah, Pak Harto masalah, Gus Dur juga. Karena proses politik belum waktunya turun, sudah diminta turun oleh rakyat. Giliran Pak Jokowi, Pak Prabowo diajak, saya diajak,” tuturnya.

Kekaguman PAN pada kepemimpinan Jokowi juga dirasakan Zulhas saat partai berlogo matahari putih yang bersinar cerah itu digandeng sebagai koalisi di kabinet Jokowi, meskipun kalah dalam kontestasi Pilpres 2014 dan 2019 saat mendukung Prabowo.

“Saya dulu dengan Pak Prabowo kan tarung, tapi kita kalah, nggak musuhan, malah diajak tuh,” imbuhnya.

Zulhas yang kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan itu juga kagum pada hubungan Jokowi dan Prabowo yang harmonis sebagai bentuk kematangan pemimpin Indonesia dalam berdemokrasi.

“Pak Prabowo malah dimentori sama Pak Jokowi, sekarang hubungannya dekat sekali, harmonis. Itu menunjukkan kematangan kita berdemokrasi dan kita meyakini kalau rukun kita bisa jadi negara maju,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *