[Update] Info Yusril Ihza Mahendra yakin Banyak Jatah PBB di Kabinet Prabowo-Gibran. Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA — Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra  yakin partainya bisa mendapat banyak jatah di kabinet Prabowo-Gibran.

Pakar hukum tata negara UI itu menegaskan, sejumlah kader PBB akan masuk kabinet yang akan segera disusun Prabowo-Gibran. Sejalan dengan menguatnya posisi politik di pemerintahan pusat, kata Yusril, PBB juga akan memperkuat posisi politiknya di pemerintahan daerah.

Kekuatan di pusat dan daerah itu diyakini bisa mengantarkan PBB kembali masuk parlemen. Hal itu disampaikan Yusril dalam pidatonya ketika membuka Musyawarah Dewan Partai PBB di markas partai berlogo bulan bintang itu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5/2024).

“Di pusat nanti juga ada yang masuk ke dalam kabinet. Saya kira dengan itu kekuatan kita akan bertambah besar sehingga memungkinkan PBB masuk kembali ke parlemen pada 2029 yang akan datang,” kata Yusril dikutip dari Republika.co.id.

Yusril sendiri menyebut, Presiden Terpilih Prabowo Subianto pasti akan mendapat tekanan dalam penentuan jumlah kursi menteri untuk setiap partai politik pendukungnya.

Menurutnya, itu bisa berdampak kepada partai yang gagal lolos parlemen, seperti PBB.

“Pasti akan ada tekanan-tekanan yang kuat kepada presiden terpilih seperti dialami Pak Jokowi pada tahun 2019 yang lalu. Akan ada tekanan-tekanan, partai ini masuk ke kabinet, partai ini di keluar kabinet, partai ini cukup dikasih jatah wamen aja,” jelas Yusril

Makanya, menurut Yusril, dewan pimpinan PBB harus membahas strategi yang akan digunakan untuk menghadapi pembentukan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *