[Update] Info Warganet Respons Positif Kejujuran Cak Imin terkait Pertanyaan SGIE Update 2023

Huntnews.id – Warganet merespons positif Cak Imin terkait pertanyaan SGIE, dalam Debat Cawapres 22 Desember 2023 lalu.

Sebagaimana diketahui, pada persinggungan antara Cawapres nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menarik perhatian publik, khususnya dalam konteks kejujuran dan respons terhadap kritik.

Salah satu momen menarik dalam debat tersebut, ketika Cak Imin dengan tegas mengakui ketidakpahamannya terhadap pertanyaan Gibran Rakabuming Raka mengenai State of Global Islamic Economy (SGIE).

Cak Imin sendiri menjadi sorotan ketika menghadapi pertanyaan Gibran mengenai SGIE. Alih-alih berdalih atau mencoba untuk menjawab tanpa pemahaman yang jelas, Cak Imin dengan tulus mengaku tidak paham dan meminta penjelasan lebih lanjut dari Gibran. Respons ini diterima dengan positif oleh sebagian besar warganet di media sosial, yang mengapresiasi kejujuran Cak Imin dalam mengakui keterbatasannya.

Beberapa netizen menilai, kejujuran Cak Imin saat menghadapi pertanyaan yang kurang familiar adalah sebuah momen keren. Mereka menilai bahwa sikap terbuka dan tulus seperti ini adalah sikap yang patut dihargai dalam dunia politik yang seringkali dipenuhi dengan retorika dan penyembunyian informasi.

Akun-akun di media sosial bahkan menyebutnya sebagai momen yang memperlihatkan karakter seorang pemimpin yang tidak takut untuk mengakui ketidakpahamannya.

Di sisi lain, reaksi terhadap Gibran juga menjadi sorotan. Beberapa warganet menilai bahwa pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan istilah yang kurang umum merupakan sebuah strategi untuk menciptakan kesan bahwa lawan debatnya kurang memahami. Kritik ini muncul dengan mengingatkan akan strategi yang serupa yang pernah digunakan oleh figur politik tertentu di masa lalu.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto, menambahkan perspektifnya mengenai pentingnya memberikan konteks isu dan persoalan dalam melontarkan pertanyaan. Huntnews.id juga menekankan bahwa model pertanyaan harus jelas, bukan menggunakan model singkatan yang mungkin kurang familiar bagi lawan debat.

Dalam keseluruhan, kejujuran Cak Imin dalam mengakui ketidakpahamannya terhadap pertanyaan tertentu dan respons positif dari warganet menyoroti betapa pentingnya integritas dan sikap terbuka dalam konteks politik.

Meskipun debat politik sering kali menjadi ajang adu argumen dan keterampilan retorika, momen kejujuran seperti ini dapat menjadi penentu dalam membangun citra seorang pemimpin yang transparan dan tidak takut menghadapi kritik. (we/asw)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *