[Update] Info Tok! Gubernur dan Wagub DKJ Bisa 2 Periode Update 2023

Huntnews.id – Senin, 18 Maret 2024, rapat Baleg di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat memutuskan Gubernur dan Wagub Daerah Khusus Jakarta (DKJ) bisa dua periode.

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas mengesahkan daftar inventaris masalah (DIM) 75 ayat (3) soal masa jabatan gubenur dan wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) sebanyak dua periode.

Hal tersebut sejalan dengan pengusulan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suharja Diantoro dalam rapat Baleg tadi.

“Masa jabatan gubernur dan wakil gubernur selama 5 tahun terhitung sejak masa pelantikan dan sesudahnya dapat dipilih kembali dengan jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. DPD RI tetap,” kata Suharja.

Menanggapi usulan tersebut, DPR RI menyatakan kesepakatannya. Supratman pun bertanya kepada seluruh anggota Baleg yang hadir apakah setuju dengan usulan pemerintah atau tidak.

“Setuju ya? Setuju,” ujar Supratman.

Selanjutnya, ujar Suharja, dalam DIM 76 diatur ketentuan soal penunjukkan serta pemberhentian gubernur dan wakil gubernur. Huntnews.id mengusulkan pemilihan gubernur akan menyesuaikan dengan aturan perundang-undanhan yang telah berlaku.

“Ketentuan lebih lanjut tata cara pemilihan gubernur dan wakil gubernur diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ucap Suharja.

Menanggapi usulan tersebut, Supratman kembali meminta tanggapan kepada anggota yang hadir. Lantas, seluruh anggota pun turut menyambut baik usulan yang diajukan pemerintah.

“Setuju ya? Setuju,” tutur Supratman sambil mengetok palu. (in/asw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *