[Update] Info Termasuk Jakarta dan Papua, Wilayah Rawan Konflik di Pilkada 2024 Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Pilkada serentak 2024 akan dihelat akhir tahun ini. Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) kini sudah memetakan sejumlah wilayah yang memiliki tingkat kerawanan konflik..

Deputi Bidang Kordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Heri Wiranto mengatakan pihaknya bersama TNI telah memiliki data wilayah yang berpotensi terjadi konflik sosial.

“Dan kita juga sudah berupaya untuk memetakan daerah potensi kerawanan yang akan mungkin terjadi berdasarkan data dari Mabes TNI,” kata Heri Wiranto dikutip pada Selasa (14/5/2024).

Beberapa provinsi yang memiliki kerawanan tertinggi di antaranya Jakarta, Jawa hingga Papua. “Ini beberapa titik kerawanan yang sudah kita antisipasi dan selalu kita monitor. Ada provinsi yang memiliki kerawanan tinggi, Jambi, Jakarta, Jawa, kemudian tentu pastinya Papua, ada enam provinsi itu (di Papua),” jelasnya dikutip dari PMJ News.

Penyebab konflik yang dapat terjadi antara lain berasal dari isu SARA hingga kepentingan elite politik. Kemenko Polhukam pun telah melakukan monitoring lebih lanjut terkait potensi kerawanan ini.

“Kerawanan konflik SARA, mungkin antar paslon, bentrokan antar pendukung, konflik elite politik, serta petinggi daerah. Kita laksanakan kegiatan-kegiatan monitoring, rapat bersama, kordinasi, mencari hal-hal yang mungkin akan berdampak pada masa pemilihan ke depan,” imbuhnya. (ilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *