[Update] Info Tanggapi Putusan MA yang “Bantu” Kaesang Maju Pilgub, Cak Imin: Kembali kita Dikejutkan Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah aturan soal usia calon kepala daerah mengejutkan banyak pihak. Tak terkecuali, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Pasangan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 lalu tersebut menyebut ini déjà vu.

“Yang menjadi penting adalah, kembali kita dikejutkan oleh keputusan-keputusan menjelang pilkada,” ujar Cak Imin sapaan akrab Muhaimin, di Semarang, seperti dikutip Inilahjateng, Kamis (6/6/2024).

Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, putusan ini mau tidak mau harus dijalankan.

Muhaimin berharap kejadian serupa tidak terus terulang.

“Harapan saya, lembaga-lembaga pengambil keputusan di bidang aturan hendaknya mengambil keputusan itu jauh hari sebelum kompetisi sehingga tidak merepotkan semua pihak dalam prosesnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, MA mengabulkan gugatan yang diajukan Ketum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana dan kawan-kawan terhadap Pasal 4 ayat 1 huruf d PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

MA mengabulkan gugatan terhadap aturan bahwa usia paling rendah untuk jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 30 tahun, dan batas usia 25 tahun untuk calon Bupati dan Wakil Bupati atau calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terhitung sejak penetapan pasangan calon.

Keputusan ini dinilai sebagai karpet merah bagi Ketua Umum PSI sekaligus Putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Perubahan aturan ini “membantu” Kaesang maju dalam Pilkada 2024.

Kaesang sendiri mengakui putusan MA Nomor 23 P/HUM/2024 secara tidak langsung menguntungkan dirinya karena kini Huntnews.id bisa maju ke kontestasi Pilkada 2024 tingkat provinsi.

“Ini kan kita lihat dulu, kalau peraturan kemarin yang digugat di MA, saya memungkinkan untuk maju. Tapi itu kan belum masuk PKPU,” kata Kaesang kepada wartawan, di DPP PSI Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024) dikutip dari Inilah.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *