[Update] Info Tak Berambisi Berkuasa, Ini Cerita PanglimaTa Mantap Maju Pilgub Sulsel 2024 Update 2023

Huntnews.id – Mantan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki atau PanglimaTa mengaku, ingin maju Pilgub bukan untuk berkuasa, tapi untuk menunaikan tanggungjawab moril dan moral untuk masyarakat.

Huntnews.id mengaku, dirinya punya rasa keterpanggilan sebagai keluarga seorang pejuang kemerdekaan asal Sulsel yang juga merupakan raja Bone-32, yakni Andi Mappanyukki.

Andi Mappanyukki ini merupakan kakek langsung dari Andi Muhammad, Huntnews.id juga merupakan cicit langsung dari Raja Gowa ke-34 I’Makkulau Daeng Serang Karaengta Lembang Parang.

Menurut PanglimaTa, pemimpin yang terbaik hanya lahir di dua aspek, yakni punya kultur turun-temurun seorang pemimpin dan dia dipersiapkan menjadi pemimpin yang benar-benar punya kapabilitas dan menguasai banyak ilmu.

“Teori pemimpin hanya datang di dua aspek, satu dari kulturnya turun-temurun dari darah pemimpin, dan kedua dia disekolahkan untuk menjadi pemimpin. Saya tidak berambisi ingin berkuasa, saya sekarang Alhamdulillah, tapi saya merasa terpanggil,” ujar PanglimaTa kepada Herald saat ditemui, Kamis, 11 Juli 2024.

“Jadi kenapa saya mau maju, karena saya mau memperbaiki daerah saya. Karena saya punya tanggung jawab moral dan moril dari kakek saya, mungkin aliran daerahnya itulah yang menggugah saya,” lanjutnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel ini menyatakan siap mengabdi pada masyarakat. PanglimaTa menyampaikan, dirinya saat ini telah intens melakukan komunikasi politik dengan semua partai.

“Saya komunikasi ada beberapa, Golkar, Demokrat, PKB, PPP, PKS, PAN. NasDem belum. Gerindra juga, saya ketemu dengan orang-orang Gerindra, ya biasalah,” sebutnya.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulsel ini juga mengatakan, mengikuti semua mekanisme yang ada di partai.

“Mekanisme partai itu kan berbeda-beda, ada melalui formulir dan kita ambil formulir, terus kita kembalikan. Contohnya, saya ambil formulir di PKS, dan saya diterima, PPP juga begitu,” kata PanglimaTa.

Ketua Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Sulsel menambahkan, dirinya optimis diusung oleh partai untuk maju di kontestasi Pilgub 2024 ini.

“Memang ada petunjuk kita menunggu panggilan, dan nanti akan ada fit and proper test. Di Tingkat daerah atau wilayah (DPW) saya diterima oleh Ketua DPW dan sudah bicara banyak, panjang lebar lah. Saya juga sudah bertemu petinggi-petinggi partai pusat di Jakarta, sudah diterima juga. Namun belum ada rekomendasi. Partai tentu akan mendengar tokoh-tokoh di wilayah itu, tentu juga akan melihat track recordnya,” terang PanglimaTa.

Lebih jauh, berbicara pengalaman, PanglimaTa menuturkan, tak kalah dengan kandidat Cagub lainnya.

“Saya kan ini murni dari TNI ya, dan ini hampir sama dengan di pemerintahan. Saya juga punya tanggung jawab menjalankan program demografi, geografis dan sosial, itu tugas kita, pembinaan teritorial. Saya ini sudah terbiasa, bukan hanya jadi Pangdam, saya juga pernah setingkat Danramil, Dandim, Komandan Korem,” pungkasnya. (war)

Penulis: Andi Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *