[Update] Info Survei Terbaru: 10 Partai Terancam Gagal Raih Kursi di DPR pada Pemilu 2024 Update 2023

Huntnews.id – Survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia mengungkapkan, 10 partai politik berpotensi tidak mencapai ambang batas parlemen 4 persen dan gagal meraih kursi di DPR pada Pemilu 2024.

Di antara partai-partai yang berpotensi menghadapi risiko tersebut, terdapat PPP dengan tingkat elektabilitas sebesar 2,2 persen, diikuti Perindo dengan 1,2 persen. Partai baru PSI, malah di atas PPP dengan 2,3 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, masih ada peluang bagi ketiga partai tersebut untuk masuk ke parlemen.

“Ada dua partai yang bisa masuk bisa tidak yaitu PPP dan PSI, termasuk juga Perindo. Tapi per hari ini PPP dan PSI di bawah 4 persen parliamentary threshold. Artinya secara umum memang masih ada waktu buat kedua partai ini untuk menciptakan kejutan,” katanya dalam konferensi pers, Jumat, 9 Februari 2024.

Partai lain yang juga diprediksi tidak mencapai ambang batas adalah Gelora dengan elektabilitas 0,4 persen, Ummat 0,3 persen, Hanura 0,3 persen, PBB 0,2 persen, Partai Buruh 0,01 persen, Garuda 0,1 persen, dan PKN 0 persen.

Sementara itu, partai-partai yang diperkirakan lolos ambang batas parlemen termasuk PDIP dengan elektabilitas 19,6 persen. Disusul oleh Partai Gerindra dengan 17,2 persen.

Golkar menduduki peringkat ketiga dengan tingkat elektabilitas sebesar 12,1 persen, diikuti oleh PKB dengan 9,5 persen.

Selanjutnya, PKS dengan 7,9 persen, Demokrat dengan 6,9 persen, NasDem dengan 6,7 persen, dan PAN dengan 6,4 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan dari 28 Januari hingga 4 Februari 2024 dengan metode sampling multistage random sampling dan melibatkan total 1.200 responden. (mg8/asw)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *