[Update] Info Solidaritas Koalisi, PDIP Dukung PPP Bisa Lolos DPR Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) memberikan dukungan kepada PPP untuk bisa lolos ambang batas parlemen 4 persen alias parliamentary threshold.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun mengungkapkan dirinya sudah bertemu dengan politisi PPP Achmad Baidowi kemarin Sabtu 24 Maret pagi. Dia mengatakan komitmen PDIP yang sejak awal membantu PPP hingga saat ini.

“Sejak penghitungan suara yang pertama, kami mengajak PPP untuk bersama-sama di pusat data PDIP. Bahkan pada 2019, pemilu lalu, kami diperintahkan oleh Bu Mega yang memegang amanat Mbah Maimoen untuk membantu PPP, karena sejarahnya. PDIP tidak ingin sejarah partai ka’bah ini dihilangkan dari sejarah republik ini,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Senin 25 Maret.

Huntnews.id menegaskan, partai berlambang banteng moncong putih itu memberikan solidaritas tertinggi kepada PPP. Pasalnya, PDIP tak ingin menghilangkan keberadaan partai berlambang ka’bah itu.

Padahal, partai ka’bah memiliki peran yang sangat penting jauh sebelum kemerdekaan ini, ujarnya.

Sebelumnya, rekapitulasi nasional suara pemilihan legislatif (pileg) 2024 telah selesai. Berdasarkan hitungan secara manual ada 8 parpol yang meraih suara di atas 4 persen, sehingga dinyatakan lolos parlemen, sedangkan PPP dan PSI tidak mencapai 4 persen.

Berdasarkan pasal 414 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa syarat partai politik lolos parlemen adalah memenuhi ambang batas parlemen yakni minimal 4 persen suara nasional.

Pada pemilu 2024 ini, suara sah pileg secara nasional tercatat 151.796.630 yang berasal dari 84 daerah pemilihan (dapil).

Dihitung secara manual dari data yang telah diumumkan KPU, terdapat 8 partai politik yang meraih suara lebih dari 4 persen. Di antaranya, PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, PKB, Partai Demokrat, PKS, dan NasDem.

PPP yang Pemilu 2019 lolos parlemen, kini terancam tak lolos. Raihan suara PPP secara nasional yakni 5.878.777 suara atau setara dengan 3,87 persen dari suara sah nasional sebesar 151.796.630 suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *