[Update] Info Sisa Dilantik, Mirati Dewaningsih Tiba-Tiba Mundur dari Caleg DPD RI Terpilih Update 2023

Huntnews.id – Meskipun terpilih sebagai anggota DPD RI Dapil Maluku, Mirati Dewaningsih memutuskan mengundurkan diri. Alasannya, dia ingin maju pada Pilkada Maluku Tengah 27 November 2024.

Mirati mengaku menerima banyak aspirasi dan masukan dari masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, yang menginginkan dirinya menjadi Bupati Maluku Tengah Periode 2024-2029.

“Maka saat ini saya telah mendaftarakan diri pada sejumlah partai politik sebagai calon Bupati Maluku Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024,” ujarnya pada Kamis, 20 Juni 2024.

Mirati juga mengungkit pimpinan DPR RI petahana Nono Sampono, yang sempat melayangkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di dapilnya. Dia mengatakan, telah berkomunikasi dengan Nono yang kini telah mencabut gugatannya.

“Bahwa saat proses persidangan berlangsung di MK beberapa kali kami bertemu dengan Pak Nono Sampono dan mendengarkan keinginan beliau yang bermaksud mencalonkan diri sebagai pimpinan DPD RI Periode 2024-2029,” kata Mirati.

“Terhadap keinginan Pak Nono tersebut, pihak kami menyampaikan pada prinsipnya apabila saya mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai calon kepala daerah maka tentu, keinginan beliau untuk menjadi pimpinan DPD RI tidak akan terwujud, karena seluruh tahapan penentuan pimpinan DPD RI telah berlangsung,” imbuhnya.

Mirati mengatakan alasan dirinya mengajukan mundur sejak dini, agar Nono Sampono kembali berpeluang menjadi pimpinan DPD RI.

“Satu-satunya Peluang Pak Nono untuk menjadi Pimpinan DPD RI, apabila yang bersangkutan dapat ditetapkan sebagai Pengganti Calon Terpilih sebagaimana dimaksud dalam pasal 426 UU No. 7/2017, Jo. Pasal 48 PKPU Nomor 6 Tahun 2024, dan hal itu dapat terwujud apabila saya mengundurkan diri lebih awal,” bebernya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *