[Update] Info Simak Aturan Masa Tenang dan Tahapan Proses Pemilihan Update 2023

Huntnews.id — Hari ini menandai dimulainya masa tenang untuk Pemilu 2024, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 mengenai Kampanye Pemilihan Umum.

Masa tenang ini akan berlangsung selama 3 hari sebelum hari pemungutan suara, yang jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024. Oleh karena itu, masa tenang akan dimulai pada Minggu, 11 Februari 2024, dan berakhir pada Selasa, 13 Februari.

Selama masa tenang, tidak diperbolehkan adanya aktivitas kampanye Pemilu sesuai dengan ketentuan Pasal 27 Ayat (4) PKPU Nomor 15 Tahun 2023 yang melarang Peserta Pemilu untuk melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun.

Tidak hanya itu, berdasarkan Pasal 56 Ayat (4) PKPU Nomor 15 Tahun 2023, media massa cetak, media daring, media sosial, dan lembaga penyiaran juga dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lainnya yang berkaitan dengan kepentingan kampanye Pemilu yang menguntungkan atau merugikan Peserta Pemilu selama masa tenang.

Apabila terjadi dua putaran dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres 2024), maka masa tenang juga akan dilaksanakan dua kali. Untuk putaran kedua, masa tenang dijadwalkan akan berlangsung mulai dari Minggu, 23 Juni 2024, hingga Selasa, 25 Juni 2024.

Selain itu, beberapa tahapan penting lainnya dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024 telah ditetapkan, seperti penetapan hasil Pemilu yang dijadwalkan akan dilaksanakan dalam waktu 3 hari setelah pemberitahuan atau putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Serta pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang direncanakan pada tanggal-tanggal tertentu setelah proses pemilihan. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *