[Update] Info Senada CSIS, Hasil Survei Indo Riset Tunjukkan Anies-Muhaimin Makin Mendekati Prabowo-Gibran Update 2023

Huntnews.id — Sikap mayoritas pemilih jelang pencoblosan makin terlihat. Sudah dua lembaga survei yang menemukan data yang senada.

Kedua lembaga survei itu yakni CSIS dan Indo Riset. Keduanya anggota Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi). Organisasi tempat berkumpulnya lembaga survei terpercaya.

Saat ini Persepi dipimpin Direktur Eksekutif CSIS Philips J Vermonte. Dia kedua periode 2019-2024. Organisasi ini menjaga lembaga survei anggotanya bekerja secara profesional.

Dalam survei terbarunya, Indo Riset menemukan, belum ada paslon yang mendapatkan elektabilitas di atas 50 persen. Kecil kemungkinan pilpres berlangsung satu putaran.

Pimpinan Indo Riset, Roki Arbi menjelaskan, Prabowo-Gibran masih unggul dengan elektabilitas 41,0 persen. Artinya, pilpres kemungkinan dihelat dua putaran.

Posisi kedua ditempati Anies-Gus Imin dengan elektabilitas 28,2 persen. Terakhir Ganjar-Mahfud MD dengan 22,3 persen.

“Peluang pilpres untuk terjadi dalam satu putaran masih cukup berat saat survei dilakukan. Saat ini probabilitas pilpres dua putaran mungkin lebih tinggi,” katanya dalam rilis hasil survei, Kamis 28 Desember 2023.

Namun, yang menarik dalam survei kali ini tren elektabilitas pasangan calon. Terlihat Prabowo-Gibran menurun dari 45,5 persen pada November 2023 menjadi 41,2 persen pada Desember 2023.

Sementara, suara Anies Baswedan konsisten naik dari 24,7 persen pada November 2023 menjadi 28,3 persen.

Tren menurun juga terjadi pada Ganjar-Mahfud dalam tiga bulan terakhir. Kini tersisa 22 persen.

Survei dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur. Waktu pengumpulan data 18-23 Desember 2023.

Penarikan sampel menggunakan metode multi-stage random sampling. Ada pertimbangan proporsi antara jumlah penduduk dengan distribusi sampel per provinsi, penduduk yang tinggal di daerah dengan karakter pedesaan dan perkotaan, serta proporsi laki-laki dan perempuan 50:50.

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Margin of Error (MoE) survei ini sebesar +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *