[Update] Info Puan: Tak Ada Instruksi Khusus dari Pimpinan PDIP Soal Hak Angket Update 2023

Huntnews.id – Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan, sampai saat ini tidak ada instruksi khusus mengenai wacana hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pilpres 2024.

“Belum, belum ada pergerakan. Belum ada pergerakan,” kata Puan Maharani usai memimpin rapat paripurna DPR, Kamis, 28 Maret 2024.

Apakah itu menunjukkan partai berlambang Banteng moncong putih itu tidak serius?

Wacana hak angket pertama kali diembuskan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Kubu Anies-Muhaimin sempat menanggapi, dengan menyatakan menunggu sikap resmi PDIP.

Pada kesempatan itu, Puan membeberkan mekanisme hak angket di UU MD3 dan Tata Tertib DPR.

Kata dia, hak angket harus diusulkan minimal 2 fraksi, atau 25 orang.

“Kalau kemudian itu memang sudah ada, pimpinan tentu saja akan menunggu bagaimana. Sampai sekarang kan belum ada. Jadi ya kita lihat,” kata Puan.

Kata Puan, jika memang hak angket adalah jalan terbaik, itu boleh saja dilakukan. Namun, Puan menegaskan sampai saat ini belum ada hak angket terkait pemilu yang bergulir di DPR.

“Kalau memang itu merupakan hak anggota DPR yang terbaik untuk dilakukan bagi bangsa, ya boleh saja. Tapi kan belum ada. Jadi kita lihat dulu di mana di lapangan,” ujar Puan.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyebut dirinya dan cawapres Mahfud Md, tidak di DPR. Sehingga proses itu sepenuhnya ada di partai.

“Kebetulan saya dan Prof Mahfud tidak di DPR. Jadi sudah kita siapkan, kita berikan kepada partai dan DPR untuk menyiapkan itu,” ujar Ganjar saat mengadakan konferensi pers di Jl. Teuku Umar 9, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret 2024 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *