[Update] Info PSU di Makassar, Pemilih Anjlok Hingga Nyaris Sentuh 50% Update 2023

Huntnews.id Pemungutan suara ulang (PSU) berlangsung di Kota Makassar. Sayangnya, jumlah pemilih anjlok hingga nyaris menyentuh 50 persen, Sabtu, 24 Februari 2024.

Seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 031 Kelurahan Pa’baeng-Baeng, Kecamatan Tamalate. Terjadi penurunan minat masyarakat untuk mencolok kembali kandidatnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 031 Kelurahan Pa’baeng-Baeng, Salahuddin Al-Ayyubi membenarkan penurunan penyaluran hak suara tersebut.

Dia mengatakan, jumlah pemilih yang tercatat pada PSU kali ini tak sebanding. Itu jika mengomparasi hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Rabu, 14 Februari lalu.

Salahuddin Al-Ayyubi menyebut, terjadi penurunan jumlah pemilih yang hadir ke TPS sebesar 40 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Namun demikian, dia tetap mensyukuri satu hal.

“Alhamdulillah, lancar dari pukul 07:30 (WITA) sampai 13:00 (WITA). Jadi, hanya 60 persen yang datang (mencoblos), jumlahnya 110,” ungkapnya kepada awak media.

“Kalau dalam DPT kita ada 156 orang, sedangkan yang hadir 110. Jadi, jauh lebih banyak yang kemarin, 14 Februari dibandingkan hari ini,” sambung Salahuddin Al-Ayyubi.

Ketua KPPS TPS 031 Kelurahan Pa’baeng-Baeng, Makassar, Salahuddin Al-Ayyubi. (Muhammad Nur/Huntnews.id)

Ketua KPPS TPS 031 Kelurahan Pa’baeng-Baeng ini pun belum mengetahui pasti penyebabnya. Namun, faktor seperti kesibukan dan pekerjaan menjadi potensi penghalang warga datang memilih.

Salahuddin Al-Ayyubi juga menambahkan, kemungkinan sebagian warga memiliki aktivitas lain. Sehingga menyita waktu mereka dan tidak dapat hadir pada saat pemilihan berlangsung.

“Mungkin karena mereka punya aktivitas lain, punya kesibukan yang lain. Seperti ada yang kerja dan sebagainya, jadi tidak sempat hadir,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sebanyak 10 TPS yang menggelar PSU di Makassar pada Sabtu ini. Hal itu berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. (gun/a/adr)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *