[Update] Info PKS adalah Kunci – Herald ID Update 2023

Huntnews.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi kunci bagi Anies Baswedan untuk bisa maju ke Pilkada DKI Jakarta 2024. Itu diungkap pengamat politik Refly Harun pada YouTube Refly Harun, Kamis, 11 Juli 2024.

Refly mengatakan, jika PKS berbelok tidak jadi mendukung Anies karena bujukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui Kaesang Pangarep, maka Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan NasDem berpotensi besar mengambil langkah serupa.

“Jadi kuncinya adalah di PKS, jadi kalau PKS bisa digoyang oleh PSI melalui Kaesang maka bubarlah koalisi Anies, let’s say PKS tiba-tiba berbelok kemudian PKB dibujuk oleh istana, kita tahulah PKB dan Cak Imin Seperti apa maka tidak jadi juga menjagokan Anies,” ungkapnya.

“PDIP tidak bisa sendirian karena PKS-nya sudah tidak mau, sama NasDem tidak mungkin, maka Anies tidak akan menjadi calon gubernur,” imbuhnya.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu sendiri menyebut, duet Anies Baswedan-Kaesang Pangarep untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 menarik setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Kaesang dan petinggi PSI di Kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin, 8 Juli 2024.

“Ya sangat menarik, tetapi semua kan dalam rangka kalau di PKS itu harus diputuskan dalam musyawarah dalam DPTP (Dewan Pengurus Tingkat Pusat),” ujar Syaikhu di Kantor DPP PKS.

Dalam musyawarah DPTP PKS sebelumnya kata Syaikhu, telah lahir keputusan PKS akan mengusung Anies dengan Sohibul Iman. Sehingga kata dia, adanya usulan baru harus dibahas terlebih dahulu dalam tingkat DPTP PKS.

“Tentu kita harus bahas kembali di DPTP, apakah setuju atau tidak. Jadi ini mekanisme yang ada di PKS, saya kira sudah jelas seperti itu,” ucap dia.

Meskipun demikian, Syaikhu mengatakan, peluang PKS dan PSI bekerja sama terbuka lebat untuk Pilkada di daerah lain. “Tetapi kan masih sangat terbuka di daerah-daerah lain kan juga kita bisa bersama-sama antara PKS dan PSI,” pungkasnya. (we)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *