[Update] Info Perjuangan Andi Yuliani Paris di Senayan Update 2023

Huntnews.id – Sebanyak 4 perempuan Sulawesi Selatan (Sulsel) diprediksi bakal melenggang ke Senayan. Jumlah ini meningkat sebagai wakil rakyat dari kaum perempuan dari angka sebelumnya.

Mereka ialah, Andi Yuliani Paris (PAN) dari Dapil Sulsel II, Eva Stevany Rataba (NasDem) Dapil Sulsel III, Fatmawati Rusdi (NasDem) dan Meity Rahmatia (PKS) masing-masing dari Dapil Sulsel 1.

Suara Perempuan di Senayan

Keterwakilan legislator perempuan bukan hanya sekadar memenuhi kuota semata tetapi lebih kepada memperjuangkan hak-hak perempuan.

Andi Yuliani Paris misalnya mengatakan, parlemen butuh perempuan. Sebab, tak sedikit undang-undang berkaitan dengan kepentingan perempuan.

Salah satu pencetus undang-undang keterwakilan perempuan di Parpol harus 30 persen ini juga menyebut, peran perempuan di parlemen adalah perihal pelayanan publik yang berkeadilan.

“Contoh undang-undang administrasi kependudukan, Pemilu, pernikahan, pelayanan publik. Itu penting, karena perempuan ini paling menikmati pelayanan publik,” kata Andi Yuliani kepada Huntnews.id di Makassar, Sabtu 2 Maret 2024.

“Mulai dari melahirkan, menggunakan RS, sampai akte kematian itu pelayanan publik, itu penting karena ada isu gender dan perempuan,” sambugnya.

Yuliani menyebut, Parpol seharusnya tak hanya sekadar mencari melengkapi syarat 30 persen keterwakilan perempuan, tetapi dibekali pendidikan politik yang terstruktur dan masif.

“Harusnya kan Caleg perempuan ini bukan hanya sekadar Caleg tapi kita lihat di negara seperti Jerman, negara di Eropa. Anggota DPR itu kan orang senior, dia mampu, harus punya wawasan kebangsaan,” ucapnya.

“Pendidikan politik untuk perempuan itu penting, karena sekarang kan masih dipaksakan untuk memenuhi 30 persen aturan. Akhirnya sembarang perempuan yang dimasukkan,” imbuh Andi Yuliana.

Anggota DPR RI sejak 2004 ini mengaku, memang tak mudah bagi perempuan untuk bisa menang dalam pertarungan di DPR, tapi bukan berarti tak bisa.

Menurutnya, tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa berhasil, cukup terus memberikan edukasi kepada para pemilih untuk menjadi pemilih yang cerdas, dan tentunya perlu trik dan kekuatan yang lebih.

“Perempuan perlu punya trik tersendiri, juga harus kuat. Saya termasuk caleg yang tak pasang baliho, saya kira itu habis-habisin uang, saya juga orang lingkungan hidup, sampahnya banyak banget. Kedua, saya tidak mau pasang baliho juga memaku di pohon. Saya orang aktivis lingkungan hidup,” pungkasnya. (war/han)

Penulis : Andi Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *