[Update] Info Pelaku Pengancaman Anies di Kaltim Ditangkap, Gelar Perkara Dibuka Senin 15 Januari  Update 2023

Huntnews.id, BALIKPAPAN — Kabid Humas Polda Kalimantan Timur (Kaltim), Kombes Pol Yusuf Sutejo, mengatakan pelaku pengancaman penembakan terhadap calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan, AN (23) merupakan warga Kutai Timur, Kaltim. 

Yusuf menyatakan atas penangkapan tersebut akan dilakukan gelar perkara pada Senin, 15 Januari 2024 dengan melibatkan tim yang telah dibentuk, termasuk Ditkrimum dan saksi ahli bahasa, pidana, dan IT. 

Menurutnya, tujuan dari gelar perkara ini adalah untuk memastikan langkah-langkah selanjutnya dalam penanganan kasus ini. 

“Situasi ini membutuhkan penanganan yang hati-hati dan terkoordinasi,” tambah Yusuf.

Diketahui, Polda Kaltim berhasil mengamankan AN setelah melacak keberadaanya melalui akun media sosial Instagram dengan nama @rifanariansyah. 

Direktorat Tipid Siber Bareskrim Mabes Polri kemudian melakukan profiling terhadap akun yang bersangkutan, tim berhasil mengidentifikasi sebagai warga Sangatta, Kutai Timur, Kaltim, 

“Walaupun akun tersebut sudah dinonaktifkan, tim berhasil melacaknya hingga pemilik akun,” ujar Yusuf.

Dalam kesempatan ini, pihak kepolisian meminta masyarakat untuk bersabar dan mempercayakan kasus ini kepada proses hukum. Tindakan ini merupakan respons cepat terhadap pengancaman yang dilakukan di media sosial atau ruang publik lainnya.

“Warga diminta untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya di media sosial,” ungkap Yusuf.

Kepolisian menegaskan komitmennya untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024 dan menjamin bahwa pemilu akan berlangsung damai, aman, lancar, dan tertib. Upaya pencegahan terhadap ancaman dan provokasi akan terus dilakukan untuk menjaga keamanan selama proses pemilihan berlangsung.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *