[Update] Info Muhaimin Iskandar Pertanyakan Independensi Menteri yang Berkompetisi dalam Pemilu Update 2023

Huntnews.id — Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, secara tegas menyetujui usulan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenai partisipasi menteri dalam pemilihan umum. Muhaimin mengungkapkan dukungannya saat berada di Madiun, Jawa Timur, pada hari Sabtu (30/12/2023).

Dia menyatakan, independensi seorang menteri dalam menjalankan tugasnya akan sulit terjaga jika mereka turut serta dalam pemilu.

Muhaimin menyoroti pentingnya untuk mempertahankan independensi aparat pemerintah, termasuk para menteri, ketika mereka terlibat dalam proses pemilihan umum.

Dia menegaskan bahwa jika seorang menteri tidak dapat atau tidak ingin mundur dari jabatannya selama berkompetisi dalam pemilu, mereka seharusnya secara terbuka mengumumkan tentang cuti kerja mereka.

Hal ini dianggapnya sebagai langkah yang penting untuk menghindari konflik kepentingan terkait dengan jabatan yang dipegang.

Selain menteri, Muhaimin juga mengimbau para penegak hukum, termasuk anggota Polri, untuk mempertahankan netralitas mereka selama pemilu demi menghindari indikasi merugikan pihak manapun.

Dia menyoroti kepentingan utama dari netralitas kepolisian, menunjuk pada indikasi bahwa sebagian oknum aparat hukum telah mulai melakukan tindakan yang dapat mengganggu netralitas.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin menyampaikan pandangannya dalam sebuah program televisi pada hari Jumat (29/12/2023), bahwa Pemerintah memiliki kesempatan untuk mengevaluasi peraturan seputar cuti bagi menteri yang ikut dalam pilpres setelah Pemilu 2024.

Pandangan Ma’ruf Amin menyatakan bahwa menteri yang maju sebagai capres atau cawapres seharusnya wajib mundur dari jabatan mereka di pemerintahan. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *