[Update] Info Minta Gibran Didiskualifikasi, Yusril: Itu Sulit Sekali Dikabulkan MK Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Gugatan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin yang meminta Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi Gibran Rakabuming Raka disoroti Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra.

Yusril menegaskan, permintaan kubu Anies-Muhaimin untuk mendiskualifikasi Gibran sama saja berhadapan atau menantang MK.

Pakar hukum tata negara itu menjelaskan, pencalonan Gibran didasarkan pada putusan MK Nomor 90 yang memperbolehkan kepala daerah menjadi cawapres meski belum berusia 40 tahun.

MK kata dia bahkan dua kali menolak gugatan yang meminta putusan 90 itu dibatalkan.

Makanya, Yusril menegaskan bahwa pencalonan Gibran sah. Menurutnya, apabila kubu Anies dalam gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 meminta agar Gibran didiskualifikasi, maka mereka akan berhadapan dengan MK, bukan dengan KPU.

“Pencalonan Pak Gibran itu berdasarkan putusan MK. Kalau mau didiskualifikasi, itu mereka sebenarnya berhadapan dengan MK,” kata Yusril dikutip dari Republika.co.id.

“(Kubu Anies lewat gugatan tersebut) bukan berhadapan dengan KPU sebagai Termohon maupun berhadapan dengan kami sebagai Pihak Terkait,” tambah mantan Menteri Hukum dan HAM itu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *