[Update] Info Menkopolhukam Jamin Data Sirekap Aman Meski Pakai Alibaba Cloud Update 2023

Huntnews.id – Menkopolhukam atau Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Hadi Tjahjanto menjamin data pemilih yang ada di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap aman. Meskipun KPU bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam pengelolaan server.

“Iya, semuanya aman. Tadi sudah dibahas di dalam (rapat) juga masukan dari Badan Intelijen Nasional (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Reserse Kriminal Polri, dan Kemen Kominfo,” ujar Hadi seusai menggelar rapat tertutup di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

Menurut Hadi, pihaknya telah merencanakan rangkaian langkah pengamanan data yang berkaitan dengan jumlah suara di dalam Sirekap.

Pihaknya juga telah memastikan data yang masuk ke dalam Sirekap tetap akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun demikian, Hadi tidak menjelaskan secara rinci langkah pengamanan apa yang akan dilakukan Bareskrim, BSSN, dan BIN itu.

“Ada Kepala BSSN, melakukan pengamanan, pemantauan dari BIN. Semuanya sesuai rencana dan masih berjalan dengan baik,” ujar Hadi.

Pakar telematika Roy Suryo menyarankan agar KPU membuka perjanjian dengan Alibaba Cloud untuk memastikan perlindungan data masyarakat oleh lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

Hal itu disampaikan dalam sidang sengketa informasi dengan agenda mendengar keterangan saksi ahli pemohon di Komisi Informasi Pusat (KIP), Jakarta Pusat, Senin, untuk dua dari tiga register sengketa informasi yang diajukan oleh organisasi Yayasan Advokasi Hak Konstitusional Indonesia (YAKIN) sebagai pemohon kepada KPU RI sebagai termohon.

“Dengan Alibaba, harus dibuka, perjanjiannya seperti apa. Dalam perjanjian itulah yang mau dilihat bisa terungkap sejauh mana hak dan kewajiban dari kedua belah pihak,” kata Roy, Senin, 18 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *