[Update] Info Mayoritas Kiai NU Diarahkan Dukung Prabowo-Gibran? Ini Penjelasan Mantan Seteru Muhaimin Iskandar Update 2023

Huntnews.id Kontroversi pemberhentian Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar belum reda. Ada dugaan PBNU mengarahkan para kiai mendukung Prabowo-Gibran. Benarkah?

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ali Masykur Musa angkat bicara. Ali adalah mantan ketua PKB versi Gus Dur. Belakangan dia kalah pamor dari Muhaimin Iskandar yang dinyatakan sebagai ketua umum PKB yang sah.

Menurut Ali, pencopotan tersebut tak ada kaitannya dengan unsur politik terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Tidak ada hubungan politik, apa yang dilakukan PBNU terhadap yang kami hormati Kiai Mustamar, semua prosedur menurut AD/ART yang ada,” jelas Ali kepada wartawan, Senin 1 Januari 2024.

Huntnews.id menegaskan, secara kelembagaan tak ada kaitannya dengan Prabowo-Gibran. Ali menerangkan bahwa warga NU memiliki kebebasan dalam pandangan politiknya.

“Tapi harus memaknai, memahami bahwa kebebasan warga NU, mayoritas kiai NU itu insya Allah kepada mas Prabowo-Gibran, itu dihubungkan-hubungkan saja ke politik, padahal tidak ada,” tegasnya.

Sebagai informasi, PBNU telah mencopot KH Marzuqi Mustamar dari jabatannya sebagai ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Kabar ini diperoleh dari Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam. Dia menyatakan Kiai Marzuqi sudah tidak menjabat sebagai ketua PWNU Jatim.

“Saya dapat infonya semalam dari pengurus yang ikut pertemuan di Hotel Shangri-La Surabaya. Di sana Ketua Umum PBNU Gus Yahya dan Rais Aam PBNU Kiai Miftah (KH Miftahul Achyar) bertemu Tanfidz dan Rais Syuriah PCNU se-Jatim. Kabarnya, ada usulan dari Syuriah PWNU Jatim kepada PBNU agar memberhentikan Kiai Marzuqi,” kata Gus Salam, Kamis 28 Desember 2023.

Meski begitu, Gus Salam mengaku tidak mengetahui apa alasan pencopotan tersebut. Namun dia menduga pencopotan itu terkait dengan politik Pilpres 2024. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *