[Update] Info Masinton vs Fadli Zon soal Carbon Capture and Storage yang Jadi Pertanyaan Gibran ke Mahfud Update 2023

Huntnews.id – Kader PDI Perjuangan Masinton Pasaribu dan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, saling bantah soal carbon capture and storage yang menjadi pertanyaan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka ke cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Masinton menilai, pertanyaan Gibran soal  carbon capture and storage (CSS) salah kamar. Pasalnya, isu tersebut adalah isu lingkungan yang akan baru dibahas pada debat cawapres selanjutnya.

“Debat cawapres kemarin adalah tentang ekonomi, perdagangan, dan lain-lain. Kalau terkait carbon dalam perekonomian dan perdagangan yang relevan ditanyakan adalah tentang perdagangan carbon. Paham ya SuL,” ujar Masinton dalam postingannya di X, dikutip Huntnews.id, Selasa 26 Desember 2023.

Anggota DPR RI ini juga menyampaikan, Gibran bertanya ke Prof Mahfud sebagai ahli hukum untuk regulasi CSS. Meskipun pernyataan tersebut dianggap Masinton salah kamar, Mahfud tetap menjawab sesuai keahliannya.

“CCS/CCUS yang Om FZ (Fadli Zon) jelaskan ini substansinya beda lagi, lebih tepat sebagai Industri Hijau (isu dalam debat Januari 2024 nanti). 

Pembahasan tentang Carbon dalam debat Cawapres kemarin, itu relevansinya perdagangan carbon (tema ekonomi dan perdagangan). Regulasinya sudah ada dalam UU P2SK dan POJK tentang Bursa Karbon Indonesia,” ucap mantan aktivis itu.

“Karena Cawapres 02 bertanya berdasarkan template yang sudah disusun tim, maka tetap ditanyakan meskipun salah kamar,” lanjut Masinton.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon membantah pernyataan Masinton. Fadli menilai, jawaban Mahfud MD soal pertanyaan Gibran tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan.

“Tapi kok jawabannya P @mohmahfudmd malah tentang cara membuat undang-undang dimulai dengan naskah akademik? Harusnya bilang saja nanti dijawab pada debat ke-4, karena belum persiapan,” ujar Fadli membalas cuitan Masinton di X.

“Carbon Capture and Storage n Carbon Capture, Utilisation, and Storage (CCS/CCUS) ini erat kaitannya dengan mekanisme green financing, jadi berkaitan dengan green economy. Jadi Mas @gibran_tweet tidak salah kamar, yang jawablah yang salah paham,” lanjutnya.

Kalimat salah kamar yang terus digaungkan Masinton kurang relevan, sebab dalam ekonomi hijau carbon capture and storage erat kaitannya dengan industri dan investasi hijau. “Ini juga untuk memenuhi target net zero emission 2060 (target dunia 2050),” papar Fadli Zon.

“Jadi bukan sekadar carbon trading atau perdagangan carbon. Dan pertanyaannya sederhana: ‘Karena Prof Mahfud adalah ahli hukum, saya ingin bertanya bagaimana regulasi untuk carbon capture and storage?’ Nah jawaban cawapres 03 jelas ngawur. Mungkin kurang ngopi. Lain kali ngopi dulu,” tukasnya. (War)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *