[Update] Info Mardani Ali Suara Terbanyak di Jakarta I dan Mulus ke Senayan, Grace Natalie Tertinggi, tapi Terancam Gagal Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera meraih suara tertinggi dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta I, berdasarkan real count sementara.

Raihan suara anggota DPR petahana itu unggul jauh dibanding seratus lebih pesaingnya.

Berdasarkan real count sementara itu, Mardani tercatat meraih 53.286 suara. Peraih suara terbanyak kedua adalah caleg PDIP, Putra Nababan dengan torehan 32.305 suara.

Posisi ketiga ditempati oleh anggota DPR petahana dari Partai Gerindra, yakni Habiburokhman yang berhasil mendulang 28.812 suara.

Peraih suara terbanyak selanjutnya adalah caleg PAN, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio (26.792 suara); caleg PKB Hasbiallah Ilyas (22.715 suara); dan caleg PDIP Sondang Tampubolon (20.733 suara).

Sejauh ini, hanya enam nama itu yang meraih suara di atas 20 ribu suara. Mereka berpotensi masuk Senayan mengingat terdapat enam kursi anggota DPR yang diperebutkan di Dapil Jakarta I.

Caleg-caleg dengan raihan suara di atas 20 ribu itu secara otomatis mendongkrak perolehan suara partainya di Dapil Jakarta I. PKS tercatat meraih suara tertinggi dengan persentase 21,8 persen. Lalu disusul oleh PDIP (16,64 persen), Gerindra (11,05 persen), dan PAN (8,07 persen).

Real count atau penghitungan suara sementara itu dilakukan KPU. Per Rabu (21/2/2024) pukul 12.00 WIB, KPU telah menggunakan data raihan suara dari 55,45 persen TPS di Dapil Jakarta II. Artinya, data masuk berasal dari 4.974 TPS dari total 8.812 TPS.

Sementara itu, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie meraih suara tertinggi dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta III, berdasarkan real count sementara.

Meski demikian, Grace dikutip dari Republika.co.id berpotensi tidak mendapatkan kursi DPR karena raihan suara PSI secara nasional belum mencapai ambang batas parlemen empat persen.

Berdasarkan real count sementara itu, Grace tercatat meraih 39.217 suara. Peraih suara terbanyak kedua adalah caleg Partai Golkar, Erwin Aksa dengan torehan 36.436 suara. Posisi ketiga ditempati oleh caleg Partai Nasdem, Ahmad Sahroni yang mengumpulkan 29.438 suara.

Di Dapil Jakarta III, terdapat delapan kursi anggota DPR yang diperebutkan. Dari tiga caleg peraih suara terbanyak sementara itu, kemungkinan hanya Erwin dan Sahroni yang akan menjadi anggota DPR RI periode 2029-2024. Pasalnya, raihan suara Golkar dan Nasdem secara nasional sudah melampaui ambang batas parlemen.

Real count atau penghitungan suara sementara itu dilakukan KPU. Per Rabu (21/2/2024) pukul 14.00 WIB, KPU telah menggunakan data raihan suara dari 47,92 persen TPS di Dapil Jakarta III. Data masuk berasal dari 5.803 TPS dari total 12.110 TPS. (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *