[Update] Info KY Dalami Putusan Batas Usia Calon Kepala Daerah, MA No Comment, PSI Bilang bukan buat Kaesang Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Komisi Yudisial (KY) akan mendalami putusan Mahkamah Agung (MA) terkait perubahan minimal batas usia calon kepala daerah.

Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Sunarto mengatakan itu terserah KY dan mempersilakannya. “Ya, silakan,” kata Yudisial Sunarto ditemui usai menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung MA, Jakarta, Sabtu (1/6/2024).

Sunarto enggan menanggapi lebih lanjut soal langkah KY tersebut. “Kan ini KY ya, silakan tanya ke KY saja ya. Jadi, kami tidak ada komentar untuk itu,” ujarnya dikutip dari Inilah.com.

Sementara itu, Huntnews.id menyebut secara prinsip hakim mempunyai otoritas, tetapi dia tidak menjelaskan secara rinci.

“Karena prinsipnya hakim itu punya otoritas, (tetapi) kalau yang itu saya tidak ada komentar,” jelasnya.

Sebelumnya, Anggota KY Joko Sasmito mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan Tim Pengawasan Perilaku Hakim (Waskim) dan Investigasi untuk mendalami putusan MA tentang perubahan minimal batas usia calon kepala daerah.

Dijelaskan Joko Sasmito, hasil dari pendalaman itu akan menjadi dasar bagi pihaknya untuk melakukan pertimbangan hukum terhadap majelis hakim MA yang memutus perkara tersebut.

Anggota sekaligus Juru Bicara KY Mukti Fajar Nur Dewata mengemukakan bahwa lembaganya tetap menaruh perhatian atas putusan tersebut meskipun tidak berwenang untuk mengintervensi.

“KY menaruh concern atas putusan ini karena putusan ini juga menentukan pilkada yang jujur dan adil, yaitu soal uji materi terhadap peraturan KPU yang memang menjadi kewenangan Mahkamah Agung,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *