[Update] Info Kursi Melojak, PKS Klaim Bisa Bentuk 15 Fraksi di DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Jatim Update 2023

Huntnews.idDewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jatim menyampaikan rasa syukurnya atas hasil yang dicapai dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 ini.

PKS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama yaitu pengurus, anggota, dan para caleg serta mitra strategis dari berbagai kalangan. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih PKS pada pemilu 2024.

“Alhamdulillah kursi untuk PKS di Jawa Timur bertambah, baik di DPRD Jatim maupun DPR RI. Total 5 kursi DPR-RI dari Jatim, serta 5 kursi DPRD Jawa Timur,” beber Ketua PKS Jatim, Irwan Setiawan, Senin 11 Maret 2024.

Irwan mengatakan jika melihat Pemilu 2019, PKS memperoleh 2 kursi DPR RI dari Jatim. Namun di Pemilu 2024 ini bertambah 3 kursi menjadi 5 kursi.

Begitu juga halnya kursi di DPRD Jatim. Di mana pada Pileg 2019 PKS hanya mempunyai 4 kursi sehingga masuk Fraksi Gabungan, sekarang bertambah 1 kursi lagi menjadi 5. Kembali menjadi 1 Fraksi mandiri.

“Insya Allah di DPRD Jatim bisa satu Fraksi PKS,” ujar Ketua Umum DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, ketika memberikan sambutan pada Rakorwil PKS Jatim Koordinasi Pasca Pileg Menuju Pilkada 2024, Sabtu, 9 Maret 2024 lalu.

Perolehan suara PKS juga mengalami kenaikan baik di untuk perolehan pusat maupun perolehan propinsi. Bila pada tahun 2019 perolehan suara untuk DPR-RI sebanyak 862.840 suara, sekarang menjadi 1.129.863 suara. Total ada kenaikan 267.023 suara.

Untuk perolehan suara provinsi juga mengalami kenaikan sebanyak 312.270 suara. Bila pada Pileg 2019 untuk DPRD Jatim ada 995.390 suara, sekarang menjadi 1.307.660 suara. Berikut rinciannya:

Perolehan kursi PKS DPR-RI:

  • Dapil Jatim U (Surabaya dan Sidoarjo): 1 kursi
  • Dapil Jatim IV (Jember dan Lumajang): 1 kursi
  • Dapil Jatim V (Malang, Kota Malang dan Kota Batu): 1 kursi,
  • Dapil Jatim VII (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek dan Pacitan): 1 kursi
  • Dapil Jatim VIII (Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Kota Madiun): 1 kursi.

Perolehan kursi PKS di DPRD Provinsi Jawa Timur

  • Dapil Jatim 1 (Surabaya): 1 kursi,
  • Dapil Jatim 5 (Jember dan Lumajang): 1 kursi
  • Dapil Jatim 6 (Malang, Kota Malang dan Kota Batu): 1 kursi
  • Dapil Jatim 9 (Ngawi, Magetan, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan): 1 kursi
  • Dapil Jatim 14 (Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep): 1 kursi.

Selain itu, dia mengeklaim perolehan kursi di DPRD Kabupaten/Kota se Jatim akan membentuk Fraksi PKS. Seperti di DPRD Kota Surabaya, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kab. Jember, Kota Malang, Kota Batu, Kab. Magetan, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, Kota Madiun, Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto, Kab. Sampang dan Kab. Pamekasan.

“Sedangkan peraih pimpinan DPRD meliputi Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Trenggalek, “ ujarnya.

Atas berbagai capaian tersebut, Irwan menyampaikan kepda caleg terpilih agar tidak jemawah. Sementara yang tidak mendapat kursi, dia berharap agar tidak putus asa.

“Mari kita lakukan evaluasi secara objektif dan terukur agar kita termotivasi untuk bersungguh-sungguh dan lebih giat lagi untuk memenangkan pemilu 2029, termotivasi untuk bersabar, dan termotivasi untuk menyusun strategi yang lebih baik kedepan,” ujar kang Irwan yang berusia 48 tahun.

Dalam Rakorwil itu juga dibahas persiapan menghadapi agenda Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan November mendatang.

Ketua DPW Irwan Setiawan berharap agar gelaran Pilkada mendatang merupakan momentum bagi partai untuk pecah telor anggota menjadi kepala daerah.

“Targetnya ada anggota yang menjadi kepada daerah dan Minimal 60 persen calon yang diusung menang di Pilkada se-Jatim nantinya,” ujar Irwan.

Untuk itu langkah-langkah strategis dalam memenangkan pilkada akan segera dilakukan oleh semua DPD PKS se-Jatim. Selain itu juga langkah-langkah strategis terkait dengan Pilgub juga akan segera dilakukan oleh DPW.

“Pasca pileg, DPD PKS se-jatim sudah siap move on melaksanakan agenda berikutnya baik Konsolidasi, optimalisasi capaian pemilu, dan pilkada” pungkas Kang Irwan.(*)

Penulis: Adi Suprayitno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *