[Update] Info Jelang Pilkada Serentak, Hadar Nafis Desak KPU Perbaiki Fitur Sirekap Update 2023

Huntnews.id — Eks komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay, mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk merancang alur pengembangan Sirekap dengan jelas serta menyusun peta jalannya. Menurutnya, penting untuk memastikan Sirekap dapat digunakan dengan baik melalui uji dan tes bertahap.

“Kita harus pastikan itu dapat digunakan dengan baik dengan uji-uji dan tes yang bertahap,” kata Hadar yang juga direktur Netgrit, di Jakarta, pada Minggu (7/7/2024).

Hadar mengingatkan bahwa proses pengembangan Sirekap yang tertutup dan terburu-buru sebelumnya telah menyebabkan kegaduhan saat pemilihan legislatif dan presiden. Huntnews.id berharap polemik tersebut tidak terulang. “Persoalannya seringkali, dan ini terjadi di pemilu lalu, KPU tidak terbuka dalam mempersiapkan Sirekap ini. Hanya mengatakan ‘sedang dipersiapkan untuk ini, ini, ini’. Seharusnya (Sirekap) dibuka dan diberikan kesempatan pihak-pihak lain mencoba dan memberikan masukan. Itu tidak terjadi,” ujarnya menjelaskan.

Sebagai tambahan informasi, Sirekap menjadi sorotan pada Pilpres dan Pileg 2024. KPU saat ini sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar dapat digunakan kembali pada Pilkada Serentak 2024. “Sirekap akan kita gunakan untuk pilkada tentu dengan perbaikan-perbaikan. Kita belajar dari Pemilu 2024, kita perbaiki di Pilkada tahun 2024,” ujar Anggota KPU, Betty Epsiloon Idroos, pada Rabu (29/5/2024).

Betty juga mengakui adanya beberapa kelemahan dalam Sirekap berdasarkan temuan evaluasi mereka.

Oleh karena itu, KPU akan memperbaiki fitur penerjemahan foto angka perolehan suara menjadi data numerik menjelang Pilkada Serentak 2024. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *