[Update] Info Ini Figur-Figur yang Diprediksi Akan Bertarung di Pilwalkot Makassar Update 2023

Huntnews.id, MAKASSAR – Ini figur-figur yang diprediksi akan bertarung di Pilwalkot Makassar. Lembaga survei Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis sejumlah figur berpotensi maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar.

Direktur Eksekutif PPI, Ras MD mengatakan, sejumlah figur dari kalangan politisi seperti Munafri Arifuddin (Golkar) Fatmawati Rusdi (NasDem), Rudianto Lallo (NasDem) Syamsu Rizal (PKB) Ahmad Susanto (PKS/non kader), Erick Horas (Gerindra), Najamuddin (Gerindra), Fadli Ananda (PDIP), Rudi Pieter Gony (PDIP), Ady Rasyid Ali (Demokrat) berpotensi maju di Pilwalkot mendatang.

Sementara dari kalangan birokrat nama Andi Bukti Djufri (Pejabat Pemkot Makassar) dan Irwan Adnan (Pejabat Pemkot Makassar) masuk bursa Pilwalkot Makassar yang dapat diperhitungkan.

“Ya, memang ada banyak nama yang disebut akan maju meramaikan bursa Pilwalkot Makassar November mandatang. Baik berlatar belakang politisi hingga birokrat,” ujar kepada Herald Sulsel, Selasa, 26 Maret 2024.

Namun, yang menjadi tantangan tersendiri bagi yang berlatar belakang politisi, mayoritas diantaranya sebagai anggota dewan terpilih baik pusat maupun daerah. Mau tidak mau mereka harus mundur sebagai anggota DPR/DPRD jika mereka ingin bertarung dalam kontestasi Pilwalkot mendatang. 

“Artinya apa, cukup besar konsekuensi yang mereka terima jika ingin memutuskan maju dalam Pilkada,” kata Ras MD.

Jika melihat dari kalangan politisi terpilih, kata Ras MD, sosok figur yang berani ikut dalam kontestasi Pilwalkot hanya Munafri Arifuddin. Lain halnya politisi yang memang tidak terpilih pada kontestasi pemilu kemarin. Seperti Najamuddin, bisa jadi Huntnews.id akan ikut sebagai kader Gerindra. 

“Hanya menurutku Jojon (Najamuddin) tak mudah menaklukkan Kota Makassar,” tuturnya. 

Menurutnya, momentum Pilwalkot Makassar 2024 ini menjadi baik bagi Munafri Arifuddin atau APPI. APPI jika final ikut dalam kompetisi Pilwalkot tahun ini, maka hitungannya sudah tiga kali maju sebagai calon wali kota (calwalkot). 

“Ya saya pikir politisi yang punya rekam jejak kalah lebih dari satu kali, pasti hitungannya lebih matang lagi dalam berkompetisi. Semua unsur kekuatan Huntnews.id akan hitung dengan baik jika ingin kembali bertarung dimedan yang sama,” ucap Ras MD.

APPI dianggap potensial terpilih nantinya karena ada tiga faktor menjadi pendukung. Pertama, APPI paling populer dari semua figur yang disebutkan bakal maju dalam Pilwalkot November mendatang. 

“Kepopuleran APPI tidak terlepas dari setiap momentum politik sosoknya selalu hadir, ditambah lagi kepemimpinannya di PSM,” tutur Ras MD. 

Faktor kedua, APPI cukup berhasil menahkodai partai Golkar. Trend kenaikan Golkar meningkat, baik capaian suara maupun jumlah kursi. Ditambah lagi APPI sendiri terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi dapil Sulsel satu. Artinya, kontribusinya terhadap partai nyata dan pembuktian elektoralnya tergolong cukup memuaskan. 

Ketiga, Pilwalkot Makassar kali ini tanpa petahana. Status Pilwalkot Makassar tanpa petahana tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang punya invetasi sosial yang tergolong panjang. 

“Jika saya bandingkan wajah-wajah lama, memang hanya APPI saja yang secara konsisten hadir ditengah-tengah masyarakat selama ini. Dari tiga faktor ini lah, saya meyakini jika  APPI kembali tampil dalam pentas Pilwalkot Makassar kali ini, ini momentum baik bagi dirinya. Huntnews.id dengan mudah memainkan peran dalam pertarungan Pilwakot nanti,” pungkas Ras MD. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *