Huntnews.id – Berdasarkan data Meta Library, jumlah iklan di media sosial sejak Agustus 2020 hingga Oktober 2023 mencapai 290.489 iklan dengan total nilai Rp73,7 miliar. Iklan itu terpasang di Facebook dan Instagram yang merupakan media sosial milik Meta.
Dari angka itu, belanja iklan tiga bakal capres mencapai Rp13,212 miliar.
Belanja iklan tim Prabowo-Gibran adalah pembelanja paling tinggi. Menyusul Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.
Merujuk data Ads Library dari Meta Platform, nilai transaksi belanja iklan Prabowo mencapai Rp8,67 miliar selama Agustus 2020 hingga Oktober 2023.
Dari jumlah tersebut, akun Indonesia Adil Makmur, kelompok pendukung Prabowo, menggelontorkan dana Rp6,2 miliar antara Agustus 2020 hingga Oktober 2023. Jika dirata-ratakan, mencapai Rp500 juta per bulan.
Akun yang juga berafiliasi Prabowo dengan nilai belanja iklan yang besar adalah Bakti untuk Rakyat.
Belanja iklan Bakti untuk Rakyat selama Agustus 2020-September 2023 mencapai Rp366 juta. Jumlah itu naik menjadi Rp514 juta pada Oktober 2023. Ini mengindikasikan bahwa deklarasi dan pendaftaran capres-cawapres yang digelar pada Oktober ini, mendorong belanja iklan.
Jika dijumlah dengan akun pengiklan lainnya, rata-rata nilai iklan terkait Prabowo dalam sebulan totalnya mencapai Rp1 miliar.
Dan dalam tiga bulan, perincian nilai rata-rata belanja iklan Prabowo di Facebook dan Instagram priode 4 Agustus-24 September 2023, Indonesia Adil Makmur: Rp497,46 juta, Bakti untuk Rakyat: Rp366,02 juta dan entitas lainnya: Rp32,49 juta. Sehingga total: Rp895,97 juta.
25 September-24 Oktober 2023, Indonesia Adil Makmur: Rp502,21 juta, Bakti untuk Rakyat: Rp514,10 juta, entitas lainnya: Rp21,76 juta, sehingga total: Rp1.038,07 miliar.
Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :