[Update] Info Ganjar Bertanya Soal Putusan MK di Debat Capres, Anies Terpingkal Update 2023

Huntnews.id – Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bertanya soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, saat sub tema debat soal hukum.

Awalnya, moderator memberikan pertanyaan kepada Capres nomor urut 2 dengan pertanyaan: Konsitusi mengharuskan kehakiman dijalankan secara merdeka sementara lembaga kekuasaan kehakiman saat ini cenderung diintervensi oleh cabang lainnya, pertanyaannya apakah anda setuju dengan pernyataan tersebut, apa alasannya untuk menjaga independensi lembaga kekuasaan kehakiman.

Lalu, Prabowo langsung menjawab dengan tegas dan lugas. “Saya sangat setuju bahwa kehakiman harus independen, kehakiman harus yudikatif ya, harus independen, harus kuat dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan,” terang Prabowo dalam debat capres perdana Pilpres 2024, Selasa 12 Desember 2023.

“Saya sangat setuju itu dan saya berkomitmen manakala sata menerima mandat dari rakyat. Saya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim republik Indonesia, semua pekerja di semua pengadilan dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya, gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat diintervensi, tidak dapat disogok, tidak korup. Itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu juga, moderator mengizinkan capres nomor urut 3 untuk menanggapi jawaban capres nomor urut 2.

Ganjar bertanya soal putusan MK atas batas usia Capres-cawapres yang sempat menyita perhatian publik beberapa waktu lalu.

“Terimakasih komitmennya pak Prabowo. Luar biasa, tapi dalam konteks kekinian saya terpaksa, ini mohon maaf loh ini. Terpaksa sekali saya harus bertanya,” kata Ganjar.

“Apa komentar pak Prabowo terhadap putusan MK yang melahirkan MKMK itu. Itu saja pak,” tegas Ganjar.

Kemudian, saat Prabowo menanggapi balik tanggapan Ganjar Pranowo, nomor urut 1, Anies Baswedan tertawa sambil menaikkan satu alisnya ke kamera.“Saya kira mengenai mahkamah konstitusi aturannya sudah jelas, kita bukan anak kecil, rakyat kita juga pandai, rakyat kita lihat, rakyat kita tahu. Mas Ganjar kira tahu lah bagaimana prosesnya ya. Yang intervensi siapa? Ya kan, tapi intinya adalah kita tegakkan konstitusi, kita tegakkan undang-undang, kita perbaiki yang kurang sempurna dan kita patuh pada komitmen undang-undang itu sendiri,” jawab Prabowo. (War)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *