[Update] Info Etika Berdemokrasi Terkait Putusan MK yang Loloskan Gibran Jadi Cawapres Bisa Jadi Isu Utama Debat Pilpres Perdana Hari Ini Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Debat perdana Pilpres 2024 akan berlangsung hari ini, Selasa (12/12/2023). Debat para calon pemimpin bangsa itu akan diadakan di Kantor KPU Jakarta.

Sejumlah isu disebut-sebut akan menjadi pembahasan menarik dalam debat. Termasuk kemungkinan etika berdemokrasi terkait dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menjadi pendamping Prabowo Subianto.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan 11 nama panelis dan 2 moderator pada debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Debat pertama merupakan debat untuk calon presiden. Adapun tema debat ialah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Aditya Perdana menyoroti kemungkinan tiga isu utama yang cukup menarik pada debat perdana Pilpres 2024 yang diadakan pada Selasa (12/12/2023) di Kantor KPU Jakarta.

“Pertama, etika berdemokrasi yang menjadi rujukan dari kejadian pasca-putusan MK lalu. Isu ini tentu akan menjadi hal menarik dalam perdebatan, dan tentu menjadi penting bagi edukasi politik bagi publik,” kata Aditya dalam keterangan dikutip dari Inilah.com, Senin malam (11/12/2023).

Isu kedua, yakni jaminan pelaksanaan pemilu yang adil dan setara. Huntnews.id menilai isu ini juga cukup menarik, mengingat pada Pemilu 2024 ini muncul dugaan intervensi dan cawe-cawe pemerintahan.

Sementara isu terakhir, yaitu penegakan hukum dan kaitannya dengan kebebasan sipil. “Isu ini tentu akan menarik dalam melihat lebih konkret bagaimana komitmen dan strategi kebijakan dalam lima tahun ke depan dari semua paslon, untuk memastikan hukum bekerja tanpa pandang bulu dan kebebasan sipil tetap terjaga,” tutur Aditya.

Direktur Algoritma Research and Consulting sekaligus Dosen Departemen Ilmu Politik Fisip UI ini mengharapkan debat pilpres akan menjadi forum tukar ide dan gagasan, bukan forum gimik dan pencitraan, apalagi panggung kampanye.

Selain itu, debat juga menurutnya akan menjadi penentu bagi pemilih yang belum menentukan pilihannya pada pasangan calon tertentu.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *