[Update] Info Dukungan NasDem ke ASS-Fatma Buka Peluang Koalisi Baru di Pilgub Sulsel Update 2023

Huntnews.id -Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel) baru saja mengusung Andi Sudirman Sulaiman (ASS) berpasangan dengan Fatmawati Rusdi di pemilihan Gubernur Sulsel mendatang.

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Arqam Azikin mengungkapkan dengan resminya Partai NasDem Sulsel mengumumkan dukungan ke ASS justru akan membukakan peluang bagi partai lain untuk tidak ikut berkoalisi dengan ASS.

“Bisa diartikan dengan pengumuman itu kemungkinan partai lain tidak perlu berkoalisi dengan NasDem,” ucapnya, Minggu 26 Mei 2024.

Apalagi Partai NasDem saat ini telah mengantongi 17 kursi di Pilgub Sulsel sehingga tidak lagi membutuhkan partai politik (Parpol) untuk diajak berkoalisi dan tidak membutuhkan lagi koalisi untuk mengusung calon sendiri.

Sehingga kata dia, dinamika perpolitikan di Sulsel masih sangatlah cair dan membukakan pintu lain bagi calon untuk mengusung dirinya ikut berkontestasi di Pilgub Sulsel.

Seperti halnya ada isu paket antara Danny Pomanto – Indah Putri Indriani, Ilham Arief Sirajuddin – Adnan Purichta dan juga Andi Iwan Aras – Andi Bau Sawa Mappanyukki.

“Mending partai lain melakukan koalisi dengan partai lain untuk melakukan perlawanan politik dengan partai ini dan sudah ada kemarin beredar tiga bakal calon paket juga,” bebernya.

Menurutnya, Gerindra saat ini hanya perlu mempersiapkan kader mereka dengan tepat untuk maju dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

“Sebaiknya Gerindra punya paket calon Gubernur sendiri seperti AIA dan Panglimata kalau berpaket ini sangat mudah mengalahkan paket Andi Sudirman dan Fatma,” tuturnya.

Tak hanya Gerindra, begitu juga dengan partai-partai besar lainnya seperti Golkar dengan isu paket mereka seperti IAS dan Adnan.

“Juga paket lainnya kalau koalisi partai ini mau melakukan konstalasi politik baru,” kata dia.

Untuk pemilu 2024 kemarin, lanjut Arqam, Nasdem menang keluar sebagai pemenang, namun untuk Pilkada pasangan mereka akan gampang dikalahkan.

“Nah suara peta politik di Sulsel ini memang Nasdem memenangkan Pileg tapi kalau eskalasi Pilkada masih mudah dikalahkan oleh paket Pilgub atau Cawagub lain,” tutupnya. (Ard)

Penulis: Ardi Jaho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *