[Update] Info Dukung Pengadilan Rakyat Kecurangan Pilpres 2024, Amnesty Internasional Ingin Dunia Tahu, Sejarawan Ingatkan Ini Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA—Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid mendukung pengadilan rakyat terkait dugaan kecurangan pemilu.

Usman Hamid menegaskan, tujuan pengadilan rakyat ini agar dunia mengetahui praktik tak lazim dalam pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Usman menyampaikan hal itu dalam diskusi daring bertajuk ‘Mahkamah Rakyat untuk Keadilan Pemilu, Perlukah?’ yang berlangsung Senin (15/4/2024).

Menurut Usman, mahkamah rakyat untuk keadilan pemilu adalah suatu wacana yang positif yang disampaikan oleh kalangan akademisi, aktivis, dan masyarakat sipil.

“Terutama untuk mengungkapkan praktik-praktik yang tidak lazim dalam kontestasi Pemilihan Umum di Indonesia, khususnya Pemilihan Presiden,” kata Usman dikutip dari Inilah.com.

Pengadilan rakyat kata Usman Hamid merupakan suatu usaha untuk menembus kebuntuan keadilan di tingkat dunia, akibat dari suasana perang pada era 60-an khususnya di Vietnam.

Terkait masalah di Pilpres 2024. Usman menyatakan, hal ini bukan sekadar pelanggaran biasa, tetapi suatu orkestrasi penyalahangunaan kekuasaan yang berlangsung sebelum pemilu dilaksanakan.

“Saya kira catatan penutup dari komite HAM PBB pada sidang-sidang di Maret yang lalu, yang mempertanyakan kepada pemerintahan Indonesia, tentang dugaan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan di dalam tindakan presiden yang mempengaruhi proses pemilu secara tidak pada mestinya untuk meloloskan putra presiden dalam hal ini Gibran Rakabuming Raka untuk lolos dalam larangan syarat usia 40 tahun yang sebelumnya dalam hukum pemilu. Hukum itu diubah dengan cara yang tidak semestinya,” paparUsman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *