[Update] Info Ditemani Didit, Prabowo Tiba di Beijing dengan Pesawat Kementerian Pertahanan RI Update 2023

Huntnews.id – Minggu, 31 Maret 2024, Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto tiba di bandara Beijing, China. Dia ditemani putranya, Didit. Di Beijing, Prabowo akan tinggal hingga 2 April 2024.

“Presiden terpilih Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya, Prabowo Subianto, tiba di Beijing pada Minggu (31/3) untuk kunjungan yang akan berlangsung hingga 2 April,” demikian dilansir laporan CGTN media lokal China, Senin, 1 April 2024.

Tampak dalam video CCTV Video News Agency media lokal China, Prabowo menggunakan pesawat Kementerian Pertahanan RI. Mengenakan stelan jas hitam beserta peci yang juga hitam, Prabowo disambut sejumlah pejabat China.

Diketahui, kunjungan ini menjadi kunjungan pertama bagi Prabowo sejak proses pemilihannya. Kunjungan Prabowo ini juga atas undangan Presiden China Xi Jinping.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan, kunjungan Prabowo bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral dan pertahanan, sementara pengamat politik regional melihat kunjungan tersebut tidak terlepas dari konteks persaingan AS-China dalam berebut pengaruh di kawasan.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara untuk memperkuat dialog dan kerja sama strategis, yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas kawasan,” kata Edwin kepada BenarNews pada Jumat, 29 Maret.

Dia menambahkan, Prabowo mengunjungi Beijing dalam kapasitasnya sebagai menteri pertahanan.

Analis pertahanan Universitas Al Azhar Indonesia Raden Mokhamad Luthfi mengatakan, banyak pengamat hubungan internasional yang melihat hubungan Indonesia dan China semakin erat di era Presiden Joko Widodo.

“Salah satu contohnya adalah proyek Belt and Road Initiative berupa kereta cepat Jakarta-Bandung dan industri hilirisasi nikel,” kata Luthfi kepada BenarNews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *