[Update] Info Dikuliti soal Pertahanan dalam Debat Pilpres, Prabowo Akui Kecewa dengan Narasi Anies dan Ganjar Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA — Pada debat ketiga Pilpres 2024, capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo kompak menguliti capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terkait pertahanan, khususnya soal keengganan Prabowo untuk bicara terbuka mengenai kekurangan pertahanan negara.

Usai debat, Prabowo mengaku sedikit kecewa dengan narasi yang disampaikan oleh Anies dan Ganjar. 

“Menurut saya mereka pertama datanya banyak yang salah, keliru. Kedua, masalah pertahanan ini mau dipakai sebagai bahan mencari poin politik menurut saya, untuk negarawan tidak boleh,” ujar Prabowo di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Menurutnya, pembicaraan soal pertahanan adalah sesuatu yang sakral. Terlebih dengan pernyataan Anies yang ingin membuka kekurangan pertahanan Indonesia saat ini. 

“Saya kira ini sangat lucu, ini sangat tidak pantas bagi seorang pemimpin. Justru masalah, pertahanan, kemanan, itu sarat dengan hal-hal rahasia,” tegasnya.

Sebelumnya, ketika debat Prabowo keberatan dengan pernyataan Anies yang meminta dirinya buka-bukaan soal kekurangan pertahanan Indonesia saat ini. “Saya ingatkan, bapak cinta atau tidak dengan negara ini? maka masa kita mau buka semua kekurangan kita,” ujar Prabowo.

Huntnews.id merasa semua masalah di Indonesia saat ini tak sepantasnya dibuka secara terang-terangan kepada publik. “Semua masalah kita, kita buka di depan umum. Apakah itu pantas di negara yang baik, di negara maju masalah rahasia, anda profesor,” jelas dia.
    
Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat peserta pilpres sebanyak lima kali. KPU telah menggelar debat sebanyak dua kali yakni yang pertama pada 12 Desember dan debat kedua pada 22 Desember 2023 lalu.

Hari ini, KPU menggelar debat ketiga yakni debat untuk Capres di Istora Senayan, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat. 

Terdapat enam sub tema dalam debat nanti, yakni pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan globalisasi, serta geopolitik dan politik luar negeri. Debat khusus capres itu akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

KPU juga telah menentukan 11 panelis debat ketiga dan panelis tersebut akan dikarantina di Jakarta sejak Jumat, 5 Januari sampai Minggu, 7 Januari 2024.

“Untuk format alur dan kemudian durasi waktu terkait dengan pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan, tetap debat akan diselenggarakan dalam durasi waktu Kalau dapatnya sendiri 120 menit tapi secara total 150 menit, 30 menitnya untuk jeda iklan,” jelas Anggota KPU RI August Mellaz, Jumat 5 Januari 2024.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *