[Update] Info DEEP Desak Jokowi Segera Lantik Iffa Rosita Update 2023

Huntnews.id – Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik komisioner baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Iffa Rosita. Sesuai dengan urutan calon berikutnya, Iffa yang berhak untuk menggantikan Hasyim Asy’ari yang sudah dipecat dengan tidak hormat.

“Iffa Rosita sudah jelas ada di urutan kesembilan setelah Viryan (Komisioner KPU RI 2017-2022). Kita ketahui bersama bahwa saudara Viryan meninggal dunia pada 21 Mei 2022 karena sakit. Maka, calon pengganti berikutnya adalah Iffa Rosita yang saat ini menjadi komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur,” ungkap Neni dalam keterangannya, dikutip di Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Neni juga meminta pemerintah konsisten tidak mengutak-atik kembali calon yang sudah ditetapkan saat fit and propper test, yang digelar Komisi II DPR.

“Jika pemerintah menunda dan mengulur-ulur pelantikan komisioner baru yang menggantikan Hasyim, maka hal ini menjadi mengundang tanda tanya publik. Hal ini juga akan berimplikasi serius terhadap kredibilitas dan reputasi KPU,” tuturnya.

Menurut Neni, pelaksanaan pemilihan serentak yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024 cukup kompleks terutama dalam pelaksanaan teknis proses penyelenggara pemilu. Maka kehadiran komisioner pengganti Hasyim menjadi sangat urgen dan dibutuhkan.

Mengingat, ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan KPU terutama berkaitan dengan pembenahan internal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *