[Update] Info Debat Capres: Dua Panelis dari Unhan, Penyelenggara dan Moderator dari MNC Group Update 2023

Huntnews.id — Debat ketiga yang mempertemukan para capres dilangsungkan Minggu, 7 Januari 2023. Digelar di Istora Senayan, MNC Group ditunjuk sebagai penyelenggara.

Debat kali ini akan dipandu dua jurnalis asal MNC Group yakni Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Keduanya sudah sangat berpengalaman dalam debat dan kepemiluan.

Status MNC Group sebagai penyelenggara debat sempat diributkan pasangan lain. Maklum, MNC Group adalah perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo yang juga ketua umum Partai Perindo.

Pada Pilpres 2024, Perindo salah satu partai pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hary sudah mengklarifikasi, MNC akan bekerja secara profesional dalam debat ini.

Sementara di antara panelis, ada yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan). Perguruan tinggi ini berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan, tempat Prabowo Subianto menjadi menteri.

Namun, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tak mau memusingkan soal adanya dua panelis debat dari Unhan.

“Enggak apa-apa, dari mana sajalah,” kata Mahfud usai mengunjungi Wisma Keuskupan Katedral, Jakarta, Kamis 4 Januari 2024.

Debat ketiga ini akan memanggungkan tiga capres yaitu capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Kemudian, capres nomor urut dua Prabowo Subianto, can capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mengumumkan 11 panelis debat ketiga Pilpres 2024 tersebut.

Dua orang di antaranya merupakan Pakar Keamanan Unhan, Kusnanto Anggoro dan KSAL 2012—2014 sekaligus Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (purn) Marsetio.

Kusnanto dan Marsetio dilibatkan dalam debat ketiga yang akan mengulas soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar juga sempat mengomentari keberadaan dua panelis terafiliasi Unhan tersebut. Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, hal itu dapat mengganggu objektivitas.

“Karena apa pun, Unhan di bawah Pak Prabowo, Menhan,” kata Muhaimin dalam keterangannya.

Prabowo Kuasai Topik

Dalam debat kali ini, Prabowo diprediksi unggul. Sebab, materinya sangat dikuasai ketua umum Partai Gerindra itu.

“Pasti Pak Prabowo lebih baik, bagaimana caranya ya kami enggak bisa buka, saya pastikan pak Prabowo akan tampil jauh lebih baik,” kata Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Hasan Nasbi di Jakarta, Kamis 4 Januari 2024.

Hasan menjelaskan, kini Prabowo telah memiliki persiapan matang. Sebab, ketua umum Partai Gerindra itu disebut menguasai topik yang akan diulas dalam debat. Oleh karena itu, Prabowo diyakini tak akan emosi ketika tampil dalam acara debat tersebut.

“Jauh lebih punya persiapan, jauh lebih punya ketenangan. Secara keseluruhan bidang ini, bidang yang sangat beliau kuasai,” katanya.

“Jadi secara subtansi itu enggak terlalu berat tapi kan kita coaching teknik, presentasi apa segala macam,” tambah Hasan. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *