[Update] Info Caleg Pasang Baliho di Pohon, Bawaslu: Dibuka Hari Ini Besok Dipasang Lagi Update 2023

Huntnews.id – Pemandangan baliho atau Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang dipinggir jalan sudah bukan hal biasa lagi di mata masyarakat di masa kampanye ini, seperti di Makassar. Bahkan, setiap perempatan terlihat baliho yang terpasang rapi di pinggir jalan.

Itu memang dibolehkan selama tidak dipasang di tempat yang dilarang oleh penyelenggara Pemilu maupun pemerintah kota. Namun, tak sedikit yang memasang baliho ditempat yang dilarang, sebut saja di pohon dengan cara dipaku.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel telah berungkali bahkan sudah capek untuk menyampaikan imbauan ke Parpol, untuk tidak memasang APK di pohon-pohon. Namun, pihak Parpol dan Caleg-caleg menghiraukan imbauan dari penyelenggara Pemilu.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Abdul Malik menyatakan, sebagian Parpol tak mau mendengar. Bahkan, setelah dicabut hari ini, besok sudah terpasang lagi.

“Dibuka hari ini (balihonya), besok dipasang lagi. Ini saya kira perlu koordinasi banyak hal. Masing-masing menyadari bahwa ada hal-hal etik yang dijaga sebenarnya,” jelas Malik kepada Herald Sulsel saat dihubungi, Sabtu 16 Desember 2023.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sulsel ini mengaku, telah beberapa kali memberikan imbauan dan pencegahan tentang pemasangan APK ini, termasuk juga di pohon-pohon.

“Yang pertama kan sudah dilakukan imbauan, pencegahan kepada teman-teman Parpol, dan disarankan untuk dipindahkan, memang ada sebagian yang memindahkan pada tempat-tempat yang dilarang,” kata Malik.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah memindahkan baliho-baliho, namun semakin banyaknya, sehingga itu tidak bisa dibersihkan semua.

“Ada juga yang sudah diturunkan sendiri, mereka pindahkan sendiri masuk ke ruang privat, artinya tidak serta-merta semuanya satu hari akan bersih, betul-betul bersih. Karena ada juga yang beru saja diturunkan kemarin oleh Satpol-PP, besoknya dinaikkan lagi,” terang Malik.

“Ini yang menjadi tantangan saya kira buat bukan hanya Bawaslu, tapi juga untuk keseluruhan. Ini adalah tantangan demokrasi, apalagi pada persoalan APK dipasang di tempat dan dilarang atau ditempel di tempat yang dilarang bahan kampanye,” tukasnya.

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *