[Update] Info Cak Imin Ungkap Upaya Cegah Konflik dalam PSN dengan Masyarakat Adat Update 2023

Huntnews.id, JAKARTA — Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bicara terkait upaya mencegah konflik dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan masyarakat adat. Dia menilai semua pihak harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

“Kita harus betul-betul punya prinsip tidak ada satupun yang ditinggalkan dalam mengambil keputusan,” kata Cak Imin  di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

“Libatkan itu masyarakat adat, seperti kasus Rempang (Batam) itu masyarakat tidak dilibatkan,” lanjut dia.

Cak Imin mengatakan, cara menghormati masyarakat adat bukan hanya dengan memakai pakaian adat setahun sekali saat perayaan HUT Ri.

“Menghormati masyarakat adalah memberikan ruang, hak mereka, hak budaya mereka, hak spiritual mereka, hak dan kewenangan mereka menentukan cara membangun,” kata Cak Imin.

Pemerintah mencatat ada 42 PSN yang tidak selesai di era Presiden Jokowi sampai 2024 ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan salah satu kendala paling utama adalah pembebasan tanah.

Diketahui, pada malam ini Muhaimin Iskandara (Cak Imin), Gibran dan Mahfud Md beradu gagasan soal enam subtema debat, yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *