[Update] Info Bukan Politik, Airlangga Sebut El Nino sebagai Pertimbangan Bansos Dikucurkan Update 2023

Huntnews.id – Airlangga Hartarto mengungkapkan, dampak dari adanya El Nino membuat beberapa negara akhirnya melakukan bantuan sosial (bansos).

Menteri Koordinator Bidang Perkenomian itu sekaligus menegaskan, pengucuran bansos bukan demi kepentingan politik sebagaimana dicurigai para pemohon gugatan.

“Setiap bulan Desember 2023, berbagai negara termasuk Indonesia mengalami dampak terjadinya El Nino, dimana beberapa tempat produksi pangan, terutama beras mengalami gangguan, baik yang tidak bisa melakukan penanaman dan memundurkan jadwal,” ujar Airlangga di ruang sidang MK, Jakarta Pusat, Jumat, 5 April 2024.

El Nino kata Airlangga, membuat pasokan pangan seperti beras salah satu contohnya mengalami gangguan. Selain itu juga berdampak signifikan terhadap masyarakat miskin.

“Oleh karena itu beberapa negara melakukan bantuan sosial,” katanya.

Beberapa negara tersebut antara lain Singapura, India, Malaysia yang memberikan bantuan keluarga dan Filipina yang memberikan bantuan sevara tunai.

“Nah bantuan sosial di Indonesia misalnya bantuan pangan itu diberikan kepada 22 juta orang atau 7,9 persen dari penduduk, ini lebih rendah dari Malaysia yang 25,6 persen, Singapura 1,7 persen India 55,6 persen dan Amerika 12,1 persen,” jelas Airlangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *