[Update] Info Aturan Baru Debat Capres: Cegah Kontestan Mondar Mandir, Hanya Gunakan Satu Mikrofon dan Terpasang di Podium Update 2023

Huntnews.id — Debat kedua calon presiden Minggu 7 Januari 2024, berbeda dengan edisi sebelumnya. Ada perubahan antara lain dari segi mikrofon untuk kontestan.

Pada debat sebelumnya yang menampilkan para cawapres, banyak sorotan terhadap mikrofon yang digunakan kontestan. Penggunaan tiga mikrofon dianggap berlebihan.

Bukan hanya itu, penggunaan lebih dari satu mikrofon tersebut dicurigai dimanfaatkan satu calon untuk menerima bisikan dari tim pemenangannya.

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan, jenis mikrofon yang digunakan nantinya adalah built-in yang terpasang pada podium masing-masing capres.

Mikrofon jenis ini juga digunakan supaya capres tidak meninggalkan podium saat debat, seperti di debat cawapres pada 22 Desember 2023 lalu.

“Mikrofonnya satu saja, jadi (mikrofonnya) tetap di podium. (Mikrofonnya) dipasang di situ. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja,” jelas August Mellaz, Sabtu 6 Januari 2024.

Sebelumnya peserta debat menggunakan tiga mikrofon, yakni clip on, headset, dan hand held. Penggunaan tiga mikrofon itu demi mengantisipasi adanya kerusakan pada salah satu mikrofon.

Sementara format debat masih sama seperti dua debat sebelumnya. Dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan masing-masing capres pada segmen keenam.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama dalam menyampaikan visi misi serta program kerja. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].

Stay connect With Us :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *