[Update] Info Asian Value Trending Usai Debat Sengit Pandji Pragiwaksono di Podcast Total Politik, Apa Artinya? Update 2023

Huntnews.id — Kata “Asian Value” menjadi perdebatan sengit di Twitter hari ini setelah mencuat dalam podcast Arie Putra, Budi Adiputro, dan Pandji Pragiwaksono di kanal YouTube Total Politik. 

Istilah tersebut diangkat saat membahas isu dinasti politik yang masih menjadi praktik di Indonesia.

Awalnya, Arie dan Budi mempertanyakan sikap Pandji yang sering terlihat marah-marah saat membahas dinasti politik, padahal mereka menanggapinya dengan santai.

“Kenapa sih Bang, lu marah-marah apalagi saat bahas dinasti politik?” tanya Arie.

Pandji lalu mengaitkan sikap santai mereka dengan konsep “Asian Value” yang dianggapnya sebagai penyebab mereka terlalu menerima praktik dinasti. 

“Kalian santai saja melihat kejahatan di depan mata. Itulah Asian Value, menghindari konfrontasi terbuka,” tegas Pandji.

Perdebatan pun semakin sengit terkait definisi dan penerapan “Asian Value” di masyarakat dalam konteks dinasti politik. Pandji menyoroti sikap Arie dan Budi yang menurutnya terlalu permisif.

“Berarti lo setuju dengan dinasti politik?” tanyanya mempertanyakan sikap mereka.

Arie menjawab dari perspektif HAM, setiap warga punya hak untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin. 

Budi juga berpendapat serupa dan menganggap dinasti politik bagian dari “Asian Value”.

Namun, Pandji membantah logika mereka. Menurutnya, dinasti politik justru indikator kejahatan untuk melindungi aib dengan mempertahankan orang-orang yang sama di pemerintahan.

Meski di akhir Arie menyatakan dirinya kontra dinasti politik, istilah “Asian Value” telah menjadi diskusi hangat di Twitter dengan perspektif yang beragam. 

Sejumlah warganet mengkritiknya sebagai dalih untuk apatis, sementara lainnya memandangnya sebagai nilai budaya timur untuk harmoni dan menghindari konflik terbuka. (*)

Penulis : Wilda Izzatul Yazida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *