[Update] Info Anies Bicara Demokrasi di Pundak Hakim, Suhartoyo: Waktunya Dua Menit Lagi Update 2023

Huntnews.id – Anies Baswedan hadir di Mahkamah Konstitusi (MK) bersama pasangannya saat Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar, Rabu, 27 Maret 2024.

Mengawali sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Anies berbicara tentang demokrasi di pundak hakim MK.

Ketua MK Suhartoyo lantas mengingatkan Anies bahwa durasi Anies tersisa 2 menit lagi.

“Waktunya dua menit lagi,” ujarnya.

Berikut pidato Anies pada sidang gugatan PHPU di MK:

“Yang mulia hakim Mahkamah Konstitusi, yang kami hormati, kami muliakan, apa yang kita saksikan ini bukanlah peristiwa biasa, ini adalah titik klimaks dari sebuah proses yang panjang. Penggerogotan atas demokrasi di mana praktik-praktik intervensi dan ketaatan pada tata kelola pemerintahan secara pelan-pelan tergerus,” ujar Anies.

“Oleh karena itu yang mulia hakim mahkamah konstitusi, di hadapan yang mulia kini terbentang satu momen paling krusial dalam perjalanan demokrasi kita, di pundak yang mulia terpikul tanggung jawab yang amat besar untuk menentukan arah masa depan demokrasi kita,” imbuhnya.

“Apakah kita akan melangkah dalam persimpangan jalan ini menjadi sebuah dengan rule of law atau rule by law? Demokrasi yang makin mapan atau kemunduran yang sulit untuk diluruskan tahun-tahun depan,” ungkap Anies.

“Bila kita tidak lakukan langkah koreksi saat ini, maka akan menjadi preseden ke depan di setiap pemilihan di berbagai tingkat di seluruh Indonesia. Bila kita tidak lakukan langkah koreksi saat ini, maka kecurangan ini akan menjadi kenormalan, kemudian menjadi kebiasaan, lalu menjadi budaya, dan akhirnya menjadi karakter bangsa,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *