[Update] Info Alasan MA Kabulkan Gugatan Syarat Usia Cagub: PKPU Halangi Anak Muda Membangun Bangsa Update 2023

Huntnews.id – Gugatan Ketum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana untuk mengubah syarat usia calon kepala daerah menjadi terhitung sejak dilantik, dikabulkan Mahkamah Agung (MA).

MA dalam pertimbangannya menyatakan, pasal tersebut diubah karena dianggap memangkas peluang anak muda ikut membangun bangsa.

Dalam salinan putusan perkara nomor 23 P/HUM/2024 yang diunduh dari situs resmi MA, Selasa, 4 Juni 2024, terungkap, putusan tersebut dibacakan majelis hakim yang diketuai Yulius dengan anggota Cerah Bangun dan Yodi Martono.

Hakim Cerah Bangun berpendapat berbeda. Putusan diambil lewat pemungutan suara dan hasilnya majelis hakim memutuskan mengubah pasal 4 ayat 1 huruf d PKPU nomor 9 tahun 2020 dari:

“Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terhitung sejak penetapan Pasangan Calon”

Diubah menjadi:

“Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, terhitung sejak pelantikan pasangan Calon terpilih”

Salah satu pertimbangan MA ialah, UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada tidak hanya ditujukan kepada KPU selaku termohon. MA mengatakan PKPU yang membatasi usia pencalonan 30 tahun bagi Gubernur-Wakil Gubernur dan 25 tahun bagi Bupati-Wakil Bupati serta Walikota-Wakil Walikota sejak penetapan pasangan calon hanya menggambarkan pelaksanaan UU dari sisi termohon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *