[Update] RQV dan Prodi SKI UIN Ar-Raniry Latih Mahasiswa Jadi Penghafal Alquran

BANDA ACEH — Pengurus Rumah Quran Violet (RQV) bekerja sama dengan Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi mahasiswa untuk menjadi pengajar Alquran, di Aula FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (21/12/2023).

Pelatihan Metode RVQ cara tepat dan cepat menjadi penghafal Alquran ini diikuti 60 peserta berasal dari Prodi SKI dan beberapa prodi lainnya di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Wakil Dekan II FAH UIN Ar-Raniry Sanusi MHum mengatakan, kerja sama RQV dan Prodi SKI terjalin pada saat Seminar Internasional UIN Ar-Raniry dengan Hayrat Foundation Turkiye beberapa waktu lalu.

“Diskusi ringan tersebut melahirkan ide besar untuk kemudian dibuat acara Pelatihan Metode RQV,” ujar Sanusi.

Ketua Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Hermansyah MTh MA.Hum menyambut baik program tersebut dilaksanakan dengan memilih mahasiswa sebagai pejuang dan penyebar cinta Alquran.

Program pelatihan tersebut diharapkan menjadi salah modal mahasiswa UIN Ar-Raniry bisa membaca dan bahkan mengembangkan metode membaca Alquran yang benar sesuai makhraj hurufnya.

Dan terlebih lagi menjadi metode pembelajaran saat KKN atau pengabdian di masyarakat (rumah) dan ataupun di sekolah.

Hermansyah menyatakan Program RQV dapat menjadi modal dan model bagi mahasiswa SKI khususnya, dan mahasiswa UIN Ar-Raniry umumnya saat KKN atau PKM di masyarakat, dan juga jadi salah satu metode belajar pendidikan sejarah kebudayaan Islam di Aceh.

Selain itu, program ini dapat dijadikan salah satu bagian dari profil lulusan Prodi SKI sebagai pendidik atau guru mengaji dan guru SKI di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, pembicara utama atau trainer RQV, Ustaz Azmi Fajri Usman memulai pelatihan dengan berbagai metode dan teknik tersendiri sehingga menarik para pendengar ataupun mahasiswa.

Dia mengungkapkan RQV Indonesia adalah lembaga nasional sosial keagamaan berfokus pada pendidikan tahfiz Alquran berkarakter dan melahirkan masyarakat penghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an secara gratis berbasis masyarakat.

Ustaz Azmi FU menyebutkan metode RQV salah satu metode simpel dan praktis dalam belajar Alquran, yaitu belajar membaca menuju menghafal Alquran. Karena itu, mahasiswa dapat menjadi trainer kepada masyarakat nantinya, baik belajar ataupun menghafal Alquran untuk semua tingkatan.

Dalam dialog dan pelatihan tersebut, Ustaz Azmi FU, seorang trainer sukses kelahiran asal Aceh menyampaikan metode membaca dan menghapal Alquran dengan mudah karena dengan adanya buku Metode RQV yang dibagikan kepada peserta secara gratis.

Sebagai informasi, RQV Indonesia adalah sebuah Lembaga Nasional yang berfokus pada Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan sejak tahun 2014. Sedangkan Visi RQV Indonesia mewujudkan Satu Juta Rumah Ngaji Nusantara.

Kini RQV Indonesia telah berhasil mendirikan 159 Cabang yang telah tersebar di 15 Provinsi di seluruh Indonesia dan telah memberikan manfaat ke lebih dari 180.715 masyarakat. (Huntnews.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *