[Update] / Peduli – InfoAcehnet

BANDA ACEH – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh menyerahkan Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM) bagi Pemerintah Kabupaten/Kota tahun 2023, di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Senin (11/12/2023).

Adapun Kabupaten/Kota di Aceh yang mendapatkan penghargaan KKPHAM tahun 2023 meliputi Kota Banda Aceh, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Pidie.

Penghargaan diserahkan pada momen peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke 75 Penyerahan oleh Plt Kepala Biro Hukum Setda Aceh Junaidi dan turut mendampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman, Kepala Divisi Administrasi Sri Yusfini Yusuf, dan Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh Sepriyadi Utama.

Meurah Budiman dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-75 Tahun 2023 dan sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bukti keberhasilan dalam membangun Sumber Daya Manusia dan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan Kabupaten/Kota menjadi Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Pelaksanaan peraturan-peraturan dimaksud merupakan kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Pemajuan dan Penegakan HAM (P5HAM),” sambung Meurah.

Meurah juga menyampaikan P5HAM bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota menjadi refesentasi Negara di tingkat lokal yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Karena itu, peran Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan komitmen tersebut sangat besar terutama dalam menjalankan agenda-agenda HAM seperti tertuang dalam Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (Ranham),” ujar Meurah.

Terakhir, Meurah mengharapkan adanya dukungan dan Kerjasama yang baik dari Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh demi terwujudnya sinergitas dalam membangun Aceh yang lebih maju. (Huntnews.id)

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *