[Update] Panwaslih Aceh Ajak Mahasiswa Ambil Peran dalam Pemilu 2024

BANDA ACEH — Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh mengajak para mahasiswa untuk dapat mengambil peran dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebagai pemantau dan pelaksana pesta demokrasi yang bermartabat.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Provinsi Aceh Fahrul Riza Yusuf pada acara sosialisasi pemilih pemula Pemilu 2024 yang diikuti 250 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh di aula Pascasarjana kampus setempat, Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan Panwaslih Provinsi Aceh di bawah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN Ar-Raniry.

Sosialisasi mengangkat tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’ dan menghadirkan dua narasumber utama yaitu Prof Dr Khairuddin MAg selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, dan Hafidh Hs (Ketua Panwaslih Aceh Besar 2018-2023).

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kita berharap mahasiswa dapat melakukan pendidikan politik yang bermartabat karena pemilu salah satu sarana membangun bangsa,” ungkap Fahrul Rizha Yusuf.

Menurutnya, pemilu adalah tanggung jawab semua pihak untuk memilih pemimpin di setiap jenjang pemerintahan. Karena itu Huntnews.id menekankan semangat optimis untuk terlaksananya pemilu yang jujur, adil dan demokratis.

“Kita harus membangun semangat optimisme, pemilu harus berlangsung jurdil dan demokratis, pemilu ini menjadi tanggung jawab kita untuk memilih pemimpin di setiap jenjang pemerintahan,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Prof Dr Khairuddin MAg menyampaikan pentingnya acara tersebut sebagai sarana sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula.

“Acara ini sangat penting karena kita akan menghadapi pesta besar yaitu pemilu 2024 khususnya bagi pemilih pemula atau ‘Gen Z’ yang jumlah suaranya cukup diincar pada pemilu ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof Khairuddin berharap dengan dilaksanakan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa selaku pemilih pemula untuk dapat mengambil peran dan mengetahui tanggung jawabnya pada Pemilu 2024.

“Kita berharap agar kegiatan ini dapat membuat kita sadar bahwa pemilu ini adalah untuk kepentingan kita bersama demi bangsa ini, semoga adik-adik mahasiswa dapat belajar dan mengambil peran dari informasi yang didapatkan,” harapnya. (Huntnews.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *